Sekuriti pelabuhan di Balikpapan palak Rp 50.000, masuk kantong pribadi

Sabtu, 8 September 2018 03:05 Reporter : Saud Rosadi
Sekuriti pelabuhan di Balikpapan palak Rp 50.000, masuk kantong pribadi Ilustrasi uang. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/club4Traveler

Merdeka.com - AD, petugas keamanan pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur, digiring ke Polres Balikpapan. Dia tersangkut kasus pungli setelah memalak Rp 50.000 kepada sopir truk. Uang itu masuk ke kantong pribadi.

"Sementara, keterangannya untuk dia pribadi," kata Kasat Reskrim Polres Balikpapan, AKP Mahfud Hidayat, dikonfirmasi merdeka.com, Jumat (7/9) malam.

Dari tangan AD, tim Saber Pungli menyita uang Rp 450.000 sebagai barang bukti. Uang itu diduga hasil pungli.

"Jadi pungutan Rp 50.000 itu, tidak diberi karcis, sebagai tanda bukti sah. Ngakunya sih baru sekali ini melakukannya. Tapi keterangannya masih kita dalami," ujar Mahfud.

"Kurang lebih 2-3 hari kira lidik. Pelaku memang sekuriti saat kita tangkap. Tapi, statusnya bukan pegawai Pelindo, melainkan pegawai kontrak," tambah Mahfud.

Meski pelaku ditetapkan sebagai tersangka penyidik tidak menahannya, disebabkan ancaman penjara di bawah 5 tahun. "Kita terapkan pasal 379 KUHP," sebut Mahfud.

"Kita mintai keterangan ke petugas lain yang seharusnya jaga pos karcis itu, dari pihak Pelindo. Sementara, belum ada ditemukan keterlibatan petugas lain itu," terangnya lagi.

Masih dijelaskan Mahfud, dugaan praktik Pungli, memang jadi atensi kepolisian. "Info awal, dari pimpinan di tingkat Polda. Khusus atensi Irwasda memberikan informasi ke Polres Balikpapan, adanya dugaan pungli itu. Maka kami lidik, dan OTT di lapangan," demikian Mahfud.

Diketahui, tim Saber Pungli Polres Balikpapan, menangkap tangan salah seorang sekuriti pelabuhan Semayang, diduga melakukan Pungli sopir truk, yang akan bongkar muat di areal pelabuhan, kemarin. Pelaku kemudian dibawa ke Polres, untuk dimintai keterangan lanjutan. [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini