SBY: Tank Leopard tidak untuk tembaki rakyat sendiri

Selasa, 10 Juli 2012 19:03 Reporter : Yulistyo Pratomo
Tank Leopard. www.militaryphotos.net

Merdeka.com - Comprehensive partnership dalam ' Jakarta Declaration' turut memasukkan pertahanan sebagai bagian dalam kerjasama antara Indonesia dan Jerman. Kerjasama di antaranya terkait pembelian Main Battle Tank (MBT) jenis Leopard untuk memodernisasi peralatan tempur milik TNI AD.

Dalam pembelian itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berjanji tidak akan menggunakannya untuk menembaki rakyat sendiri.

"Saya pastikan semua itu terbuka dan transparan dan tidak pernah digunakan untuk menembaki rakyat kami sendiri. Dan itu harapan kami dengan harapan peaceful dan sebuah negara memerlukan minimum essential force," ujar Presiden SBY saat Joint Press Conference dengan Kanselir Jerman Angela Merkel di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (10/7).

Presiden mengatakan proses modernisasi persenjataan militer Indonesia tidak pernah dilakukan selama 20 tahun. Kondisi itu terjadi karena pemerintah fokus memperbaiki kesejahteraan rakyat usai diterpa krisis global sebanyak dua kali.

"Terus terang, 20 tahun Indonesia tidak memodernisasi senjata kami sehingga negara kami tertinggal, padahal Indoensia negara terbesar dan ekonomi terbesar di Asia ini," kata SBY.

Sementara, Kanselir Jerman Angela Merkel menyatakan tidak akan mempertanyakan kembali kerjasama di bidang pertahanan seperti yang tercantum dalam 'Jakarta Declaration'. Kebijakan itu diberikan kepada Indonesia mengingat negara ini memiliki wilayah yang sangat luas.

"Jerman bisa membantu pengimplementasian undang-undang itu dari segi bantuan teknis dan kita tidak boleh melupakan bahwa Indonesia merupakan negara yang luas dan lebarnya seperti Eropa," tandasnya.

Seperti diberitakan, sejumlah aktivis HAM mengkritik rencana pemerintah membeli tank Leopard dari Jerman. Para aktivis mengantongi keberatan dari sejumlah anggota parlemen Jerman bahwa Indonesia adalah negara yang masih mempunyai masalah pelanggaran HAM.

[ren]

Topik berita Terkait:
  1. Presiden SBY
  2. Jerman
  3. Tank Leopard
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.