Ridwan Kamil Klaim Ribuan Fasilitas Kesehatan di Jabar Siap Vaksinasi Covid-19

Senin, 4 Januari 2021 23:03 Reporter : Aksara Bebey
Ridwan Kamil Klaim Ribuan Fasilitas Kesehatan di Jabar Siap Vaksinasi Covid-19 Ridwan Kamil. Facebook/Ridwan Kamil ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan fasilitas kesehatan sudah siap melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 yang dibeli oleh pemerintah pusat. Saat ini, pemerintah menyiapkan mekanisme vaksinasi yang ditargetkan dimulai minggu ketiga bulan Januari.

Pria yang akrab disapa Emil ini menjelaskan, ada dua kategori vaksin yang nantinya digunakan di Indoensia. Pertama adalah vaksin yang masih dalam tahap uji klinis dimana dia terdaftar sebagai relawan. Yang kedua adalah vaksin yang dibeli oleh pemerintah pusat dari luar negeri.

"(vaksin) yang saya jadi relawan itu masih Maret produksi dan keputusannya. Yang (diimpor ini ditujukan) terbatas, mayoritas hanya untuk tenaga medis dan profesi terdepan dalam menghadapi Covid-19," katanya di Gedung Sate, Senin (4/1).

Distribusi vaksin masih berjalan ke berbagai daerah. Namun, dia belum mendapat laporan sejauh mana prosesnya. Hanya saja, jika berbicara target yang ditetapkan presiden, penyuntikan pertama digelar pada minggu ketiga bulan Januari ini.

"Itu penyuntikan (vaksin) pertama oleh presiden. Dari tangga 4 sampai tanggal 20 an itu masih ada dua minggu lebih menyiapkan prosedur dan lain-lain," ujarnya.

"Jabar sudah ada 1.000an lebih puskesmas yang sudah siap dan dilatih (untuk vaksinasi), 90 an rumah sakit daerah dan swasta yang sudah siap dilatih," Emil melanjutkan.

Di sisi lain, dia optimistis tahun ini upaya pemulihan ekonomi bisa berjalan dengan baik. Indikatornya adalah keberadaan vaksin, bantuan dari pemerintah kepada masyarakat, hingga percepatan belanja daerah.

"Ekonomi Jabar bisa jauh lebih baik. Itu semangat 2021 yang kita harapkan," pungkasnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini