Rally Wisata Dukung Recovery Pariwisata Lombok

Selasa, 20 November 2018 18:13 Reporter : Putri Indra Sari
Rally Wisata Dukung Recovery Pariwisata Lombok Pantai Lombok. shutterstock

Merdeka.com - Dukungan nyata untuk recovery pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) diperlihatkan Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB. Caranya dengan menggelar Pesona Lombok Rally Wisata Nasional 2018.

"Kegiatan ini dirancang bagi para penggemar otomotif, para traveler dan pencinta alam serta lingkungan wisata. Terutama para wisatawan domestik dan mancanegara yang ingin menikmati keindahan Pulau Lombok dengan berkendara," ujar Ketua IMI NTB M. Nur Haedin, yang juga Pengarah Pesona Lombok Rally Wisata Nasional 2018, Minggu (18/11).

Menurutnya, Rally Wisata ini merupakan suatu aktivitas yang mengasah kemampuan pengendara mobil dengan team, untuk berkompetisi dengan baik dan sportif. Diyakini, skill tersebut nantinya akan berguna dalam dunia kerja, bisnis maupun olahraga.

"Kami akan mengajak peserta untuk berkompetisi sembari berwisata. Melihat keindahan destinasi unggulan Lombok, sekaligus mengasah wawasan, khususnya tentang pariwisata dan budaya," ungkapnya.

M. Nur Haedin atau yang akrab disapa Edo menambahkan, kegiatan Rally Wisata ini telah dilaksanakan 3 kali di NTB. Yakni tahun 2015, 2016, dan 2017. Sejauh ini, hasil penyelenggaraan lancar dan sukses, serta dengan nilai yang memuaskan.

"Kami bersyukur NTB kembali mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rally Wisata tahun ini," ucapnya.

Rally Wisata akan berlangsung 2 hari, Sabtu dan Minggu, tanggal 24-25 November 2018. Dengan start dan finish di Hotel Montana Senggigi, Lombok, peserta diarahkan melintasi sejumlah destinasi wisata. Yakni wilayah utara Lombok Barat, Kabupaten Lombok Utara, Kota Mataram, dan Lombok Tengah.

Secara rinci, destinasi yang akan dikunjungi peserta antara lain di Kota Mataram seperti Taman Mayura, Museum NTB, Sayang Sayang, Sentra Mutiara Sekarbela, dan Islamic Center. Sedangkan di Lombok Utara, ada Puncak Pusuk, Nipah, dan Teluk Kombal. Selanjutnya, di Lombok Barat ada Senggigi, Gunung Sari, Taman Narmada, Lingsar, dan Suranadi. Kemudian di Lombok Tengah ada Kawasan Mandalika, Kuta.

Dalam kegiatan ini, panitia penyelenggara menargetkan peserta sebanyak 550 orang. Ada beberapa kategori yang bisa diikuti. Yakni Fun Rally Wisata Nasional, Seeded B Kejurnas, Seeded Team Kejurnas/3 mobil, Pemula Kejurnas TIME Rally, serta dari sponsor, klub hobi, wisatawan, komunitas, umum, dan pelaku pariwisata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi gelaran tersebut. Kemenpar sendiri memiliki 3 langkah percepatan yang akan dilakukan dalam program recovery Lombok Bangkit.

Pertama dari sisi manusianya. Caranya dengan melakukan trauma healing kepada masyarakat dan industri. Kemudian, pemulihan destinasi. Dan ketiga pemasaran. Promosi akan tetap dilakukan. Wisata NTB tetap akan dijual.

"Apa pun yang kita lakukan, kita berharap dapat memacu semangat Pemkab NTB dan industri pariwisata Lombok. Serta mempercepat program recovery destinasi pariwisata yang terdampak dan promosi pariwisata tidak terdampak," tandasnya. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Pesona Indonesia
  2. Lombok Barat
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini