PSI Dukung Sekolah Inklusi Bagi Anak Difabel dan Non Difabel

Senin, 3 Desember 2018 20:40 Reporter : Fikri Faqih
PSI Dukung Sekolah Inklusi Bagi Anak Difabel dan Non Difabel PSI. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyatakan mendukung munculnya lembaga pendidikan inklusi yang mempertemukan anak difabel dengan anak non-difabel. Tujuannya agar mereka dapat belajar bersama secara berdampingan.

Juru bicara PSI untuk bidang hukum dan penyandang difabel, Surya Tjandra mengatakan, kehadiran sekolah inklusi adalah bagian dari wujud pemenuhan hak aksesibilitas bagi murid difabel. Sehingga murid dengan kebutuhan khusus mendapat kesempatan yang sama layaknya orang non-difabel.

"PSI mendukung penuh munculnya sekolah inklusi agar tumbuh sikap toleransi dan saling pengertian antara murid difabel dan murid non-difabel sejak usia dini," katanya dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/12).

Dia menilai, Indonesia sudah meratifikasi Konvensi PBB tentang Hak-hak Orang dengan Disabilitas (2006) dan sudah mensahkan UU No. 8/2016 tentang Penyandang Disabilitas. Keduanya adalah dasar hukum yang kuat bagi pemerintah untuk memenuhi hak bagi orang difabel.

"Para orangtua dari anak-anak difabel tidak usah berkecil hati. Anak-anak difabel hanya butuh pendampingan lebih untuk menemukan potensi terbaik mereka. Dengan kehadiran sekolah inklusi, potensi mereka diharapkan bisa tergali dan mereka bisa berprestasi layaknya murid lain yang non- difabel," jelasnya.

Surya berharap semakin banyak masyarakat yang mengerti pentingnya sekolah inklusi bagi murid difabel. Dia meyakini orang difabel juga bisa menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat dan memberikan yang terbaik bagi lingkungannya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini