Program Prioritas Kapolri, Satlantas Semarang Latih Difabel Pemohon SIM Khusus

Kamis, 4 Maret 2021 03:03 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Program Prioritas Kapolri, Satlantas Semarang Latih Difabel Pemohon SIM Khusus Difabel pemohon SIM di Satlantas Semarang. ©2021 Merdeka.com/danny ariandi

Merdeka.com - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Semarang memberikan pelayanan tambahan pemohon SIM khusus bagi penyandang disabilitas atau difabel. Pelayanan ini untuk memudahkan para penyandang keterbatasan fisik agar bisa memiliki hak yang sama dengan orang normal.

"Jadi ini terobosan kami melayani masyarakat difabel dalam program prioritas Kapolri. Agar orang difabel bisa mengikuti tes pembuatan SIM, dan memiliki SIM," kata Kasat Lantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit, Rabu (3/3).

Dia menyebut pembuatan SIM bagi para penyandang difabel nantinya berbeda dengan pembuatan SIM pada orang normal biasanya. Sedangkan untuk orang keterbatasan fisik, pembuatan SIM dilatih secara berkala.

"Mereka kita datangi satu per satu, dan dilatih untuk mempermudah mendapatkan SIM B khusus. Sedangkan untuk roda empat, SIM nya D1 khusus," jelasnya.

Dijelaskan Sigit, bahwa program ini adalah program "Door to Door" khusus untuk orang orang cacat. Program ini adalah program dari Kapolrestabes Semarang. Mengingat program ini, sangat membantu bagi mereka yang memiliki kekurangan dan keterbatasan fisik.

"Ini bentuk kepedulian kami terhadap orang orang cacat, karena kita semua sama di hadapan Allah, tidak ada perbedaan, dan kewajiban kita memberikan kemudahan dan pertolongan bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik seperti ini. Semoga SIM khusus ini nantinya dapat bermanfaat bagi mereka," ungkap Sigit. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. SIM
  3. Pemberdayaan Kaum Difabel
  4. Semarang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini