PPIH embarkasi Surabaya siapkan 26 ribu galon air zamzam buat jemaah

Jumat, 10 Agustus 2018 23:02 Reporter : Moch. Andriansyah
JCH Surabaya disiapkan 1 galon air zamzam. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Bagi jemaah haji asal embarkasi Surabaya, Jawa Timur tak perlu khawatir kehabisan oleh-oleh berupa air zamzam dari Tanah Suci, Mekkah. Sebab, sebanyak 26 ribu galon air zamzam sudah dipersiapkan khusus untuk jemaah haji setibanya di Indonesia.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, A Faridul Ilmi, mengatakan air zamzam itu saat ini berada di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) Sukolilo. Nantinya, setiap jemaah haji yang tiba di AHES Sukolilo akan mendapatkan satu galon air zam-zam.

"Pergalon itu berisi 5 liter air zam-zam. Air zam-zam ini akan diberikan pada jemaah setibanya di Tanah Air dan telah berada di Asrama Haji ini lagi," terang Faridul, Jumat (10/8).

Sementara Koordinator Porter Saudia Arabian Airlines (SAA), Jamil, menjelaskan, puluhan ribu galon air zamzam ini mulai masuk ke AHES Sukolilo per-Agustus lalu.

Ribuan galon air zamzam ini, kata jamil, diangkut menggunakan Pesawat SAA sepulang mengantar Jemaah Calon Haji (JCH) dari Bandara International Juanda Surabaya di Sidoarjo menuju Tanah Suci. "Zamzam ini datang setiap hari sejak 1 Agustus lalu," kata Jamil.

Setiap hari, lanjutnya, terdapat sekitar 3.100 hingga 3.500 galon yang dibawa dari Arab Saudi menuju AHES Sukolilo.

"Tidak mesti berapa jumlah yang dibawa. Kadang 3.100 galon, kadang 3.500 galon. (Sekarang) sudah ada sekitar 26 ribu galon. Besok (11/8) pengiriman terakhir," jelas Jamil.

Jamil juga memastikan, hingga pengiriman hari ke-10, atau hari ini, tidak ada galon air zamzam yang rusak. "Alhamdulillah kondisi galon air zamzam baik semua. Tidak ada yang rusak," jelasnya. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Haji 2018
  2. Jakarta
  3. Haji
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini