Polisi Tembak Mati Inisiator Kaburnya 5 Tahanan di Palembang

Rabu, 23 Desember 2020 23:32 Reporter : Irwanto
Polisi Tembak Mati Inisiator Kaburnya 5 Tahanan di Palembang Polisi Tembak Mati Inisiator Kaburnya 5 Tahanan di Palembang. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Polisi menembak mati inisiator atau provokator yang menyebabkan lima tahanan Polsek Sukarami Palembang kabur. Pelaku bernama Asril (36) melakukan perlawanan saat ditangkap.

Penangkapan dilakukan di tempat persembunyian di Palem Raya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Rabu (23/12) dini hari. Sebelumnya, petugas melakukan penggerebekan di rumahnya di Palembang, namun pelaku tak berada di tempat.

Saat ditangkap, pelaku mengacungkan senjata api rakitan ke arah petugas. Polisi akhirnya melepaskan tembakan yang mengenai dada dan tewas dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Bhayangkara Palembang.

Kapolrestabes Palembang Kombes Anom Setyadji mengungkapkan, pelaku merupakan inisiator lima tahanan yang kabur. Dia sebelumnya ditahan dalam kasus begal, senjata tajam, dan narkoba.

"Dini hari tadi kami lakukan penyisiran di lokasi, namun pelaku justru melakukan perlawanan. Terpaksa kami lumpuhkan hingga tewas," ungkap Anom, Rabu (23/12).

Dikatakan, keberadaan pelaku diketahui berkat petunjuk kekasihnya. Dia sudah lama menjadi buruan sejak kasus tahanan kabur pada Juli 2030.

"Kami selidiki ternyata pelaku adalah provokator sekaligus inisiator kaburnya lima tahanan kami. Dia mengajak tahanan lain untuk kabur," ujarnya.

Dengan tewasnya satu tahanan yang kabur, sudah ada empat tahanan yang berhasil ditangkap kembali dan polisi masih memburu seorang tahanan lain. Petugas mengantongi barang bukti pistol rakitan, tiga amunisi aktif, selongsong, dan pisau.

"Kami minta tahanan yang masuk dalam DPO segera menyerahkan diri jika tidak ingin diberikan tindakan tegas," katanya. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tahanan Kabur
  3. Palembang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini