Polisi Tangkap Pencuri Motor Kerap Beraksi Pakai Jaket Ojek Online

Jumat, 17 Mei 2019 23:32 Reporter : Ronald
Polisi Tangkap Pencuri Motor Kerap Beraksi Pakai Jaket Ojek Online Ilustrasi borgol. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Polisi menangkap komplotan pencuri kerap beraksi di Jakarta Selatan. Komplotan ini berasal dari Jakarta dan Lebak, Banten.

Mereka adalah RM (31), BR (31) dan R (41) yang merupakan kelompok Lebak. Sementara AS (21) dan IN (31) kelompok Jakarta.

Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan Kompol Andi Sinjaya mengatakan, ada enam titik menjadi lokasi kelompok ini beraksi yakni di Jalan Puring Mutiara, Jalan Kalibata Selatan, Jalan Bayam, Jalan Poncol, dan Jalan H. Gaim. Dalam aksinya, komplotan ini selalu menggunakan jaket ojek online.

"Ini (jaket ojek online) kamuflase seolah-olah dia pengemudi ojek online. Ini perlu diwaspadai juga, kalau kita lihat nanti ada orang menggunakan jaket Grab atau Gojek, dan lain-lain, belum tentu dia adalah ojek online," Andi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/5).

Dari hasil pemeriksaan, para pelaku mengaku sudah 3 tahun berkasi dan berhasil menggondol 17 kendaraan. "Mereka mendekati motor yang menjadi target. Kemudian memaksa membuka kunci motor dengan kunci later T. (Ngakunya) Sudah cukup lama, sekitar 3 tahun. Dalam hal ini kami juga kenakan pasal residivis karena sudah melakukan pengulangan di beberapa TKP (tempat kejadian perkara)" kata Andi.

Dalam penangkapan tersebut polisi menyita barang bukti berupa kunci later T, dua kunci kontak sepeda motor, sebuah kunci pas, gunting kecil. "Kita juga menyita hasil kejahatan berupa empat sepeda motor dan beberapa plat nomor sepeda motor curian," ujarnya.

Kendati demikian, polisi masih mengejar pelaku lainnya yang diduga dari kelompok Lebak. "Tersangka RM, BR, AS dan IN dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara. Tersangka R disangkakan pasal 480 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara," pungkas Andi. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Pencurian
  2. Curanmor
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini