Polisi Sebut Teroris JAD Siapkan Rabbial Jadi Bomber di Polrestabes Medan

Senin, 18 November 2019 14:53 Reporter : Merdeka
Polisi Sebut Teroris JAD Siapkan Rabbial Jadi Bomber di Polrestabes Medan Densus 88 Tangkap 46 Terduga Teroris. ©Liputan6.com/Nanda Perdana Putra

Merdeka.com - Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyampaikan, kelompok teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang mempersiapkan Rabbial Muslim Nasution (RMN) sebagai pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan.

"Dalam proses investigasi, pemeriksaan terhadap beberapa orang terdekat tersangka, baru terungkap siapa-siapa yang berperan mempersiapkan RMN melakukan suicide bomb," tutur Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (18/10).

Dedi menyebut, ada dua anggota JAD dengan pimpinan berinisal Y alias Yasir alias Anto, yang mempersiapkan bom untuk RMN. Keduanya berinisial NP dan K alias Khoir.

1 dari 2 halaman

Dua Terduga Teroris Menyerang Densus 88

Saat pengembangan kasus, NP dan K menyerang Tim Densus 88 Antiteror menggunakan senjata tajam dan air softgun. Petugas pun menembak mati keduanya. Sementara satu anggota terkena sabetan senjata tajam di tangan dan bagian belakang tubuh.

"Dua yang meninggal ini memiliki kualifikasi merakit bom," jelasnya.

2 dari 2 halaman

23 Terduga Teroris Diamankan

Termasuk juga istri dari RMN berinisial DA merupakan anggota JAD. Kini total 23 terduga teroris yang berkaitan dengan bom bunuh diri di Polrestabes Medan telah ditangkap.

"Beberapa orang mengetahui langsung, disiapkan, digunakan, untuk bagaimana bom itu dimasukkan dan digunakan untuk melakukan serangan teroris berupa bom bunuh diri," Dedi menandaskan.

Reporter: Nanda Perdana Putra [ray]

Baca juga:
Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan, Densus Tangkap 46 Terduga Teroris
Kapolda Sumut Sebut Para Tersangka Teroris Pernah Berlatih di Karo

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini