PKS Ngaku Sudah Usulkan Karantina untuk Mencegah Penularan Covid-19

Kamis, 26 Maret 2020 22:29 Reporter : Wilfridus Setu Embu
PKS Ngaku Sudah Usulkan Karantina untuk Mencegah Penularan Covid-19 ilustrasi corona. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kurniasih Mufidayati mengatakan pihaknya mendorong pemerintah untuk melakukan karantina. Ini sesuai dengan UU No 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan.

"Pengendalian penularan yang saat ini dilakukan belum berjalan efektif sehingga belum bisa menekan angka penambahan pasien Covid-19," kata dia, ketika dihubungi, Kamis (26/3).

Anggota Komisi IX ini menyampaikan, usulan agar pemerintah menjalankan UU 6/2018 tersebut, kata dia, sudah disampaikan dalam rapat Komisi IX dengan pemerintah. Meskipun demikian, dia tidak menyampaikan apa tanggapan pemerintah terhadap usulan tersebut.

"Saat rapat online dengan Kemenkes dan Gugas, kami sudah sampaikan wacana Karantina sesuai UU No 6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan," ujar dia.

Menurut dia, koordinasi dengan semua elemen masyarakat amat penting dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. "Pemerintah bisa melibatkan semua komponen bangsa termasuk sektor usaha, lembaga zakat, tokoh masyarakat, parpol dan semua sektor lainnya untuk memotong mata rantai penularan C19," ungkapnya.

Kerja sama dengan semua pihak ini akan sangat membantu pemerintah jika nantinya memutuskan untuk melakukan karantina. Sebab akan mendapatkan dukungan dari masyarakat luas.

"Jadi, Kalau pun harus Karantina, akan mendapat dukungan dari semua masyarakat.
Asas Gotong Royong untuk saling bantu bagi masyarakat di sektor informal bisa dilakukan bersama dengan semua komponen bangsa tadi," kata dia. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini