Pinjam Motor, Sadam Bikin Kunci Duplikat Buat Curi Motor Teman Seharga Rp30 juta

Rabu, 10 Juli 2019 00:45 Reporter : Saud Rosadi
Pinjam Motor, Sadam Bikin Kunci Duplikat Buat Curi Motor Teman Seharga Rp30 juta Tersangka curanmor di Samarinda. ©2019 Merdeka.com/Saud Rosadi

Merdeka.com - Sadam Arya Dinata (27), residivis kasus penadahan warga Jalan Ahim, Samarinda, Kalimantan Timur, dibekuk polisi di rumahnya, Senin (8/7). Dia ditangkap lantaran mencuri motor temannya sendiri, usai membuat kunci duplikat. Sadam meringkuk di penjara, bersama Fikri (19), yang membantunya mencuri motor.

Aksi pencurian itu terjadi Rabu (3/7) sore. Korban, Andi (25), memarkir motor di kawasan gedung Bulutangkis, di GOR Sempaja. Sadam datang, dan meminjam motor Kawasaki Ninja milik Andi.

"Korban ini saling mengenal. Korban heran, setelah meminjamkan motor, sekitar 2 jam motornya tidak kembali," kata Kapolsek Sungai Pinang Kompol Nono Rusmana, ditemui merdeka.com, Selasa (9/7).

Meski begitu, bersama temannya, Fikri, Sadam akhirnya kembali mengembalikan motor Andi. "Memang motor sudah dikembalikan. Tapi, begitu Sadam hendak pulang, motornya tidak ada di parkiran. Padahal dikunci stang," ujar Nono.

"Korban curiga kepada pelaku (Sadam), yang mencuri motornya. Dia kemudian lapor ke Polsek dengan laporan kerugian Rp30 juta, dan kami lakukan penyelidikan. Hingga akhirnya menemukan titik terang, pelakunya adalah Sadam," tambah Nono.

Penangkapan Sadam di rumahnya, Senin (8/7) subuh kemarin, tidak berjalan mulus. Hingga akhirnya, kaki kanan Sadam tertembus timah panas. "Niatnya dari awal dia memang mau mencuri. Karena melawan (saat akan ditangkap), dia kami tindak tegas dan terukur," sebut Nono.

"Setelah menangkap Sadam, kemudian kami menyita barang bukti motor Kawasaki Ninja yang dia curi. Dan kemudian menangkap temannya, si Fikri itu. Karena ikut serta dalam aksi pencurian itu," terang Nono.

Nono juga menambahkan, Sadam merupakan residivis kasus penadahan, yang keluar penjara tahun 2014 lalu, usai dipenjara 5 bulan 25 hari. "Motornya tidak buat apa-apa. Cuma mau dipakai sendiri saja Pak," kata Sadam di kesempatan yang sama. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Curanmor
  2. Pencurian
  3. Samarinda
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini