Piala Wali Kota Solo Berhadiah Rp1,1 M, Gibran Sebut Tak Membebani APBD

Sabtu, 12 Juni 2021 04:04 Reporter : Arie Sunaryo
Piala Wali Kota Solo Berhadiah Rp1,1 M, Gibran Sebut Tak Membebani APBD Piala Wali Kota Solo. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Turnamen sepakbola bergengsi Piala Wali Kota Solo 2021 akan digelar mulai tanggal 20 - 26 Juni 2021 di Stadion Manahan. 8 tim terbaik dari Liga 1 dan Liga 2 akan bersaing memperebutkan hadiah total Rp 1,1 miliar.

8 tim sudah memastikan hadir di Solo. Yakni 4 tim Liga 1, Persib Bandung, Bhayangkara Solo FC, Arema FC dan Bali United. Sedangkan dari Liga 2 diikuti tuan rumah Persis Solo, Dewa United, Rans Cilegon FC, dan PSG Pati.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyambut baik turnamen pra musim tersebut. Ia memastikan, meski pertandingan digelar tanpa penonton, namun tetap menaat protokol kesehatan. Ia berharap kegiatan tersebut bisa membangkitkan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

"Beberapa waktu lalu Solo berhasil menjadi tuan rumah Piala Menpora. Jadi, pasti kami bisa menyelenggarakan turnamen lagi dengan protokol kesehatan yang sama-sama ketat. Saya tunggu kedatangan tim-tim peserta di Kota Solo," ujar dia.

Terkait anggaran, Gibran memastikan penyelenggaraan kegiatan tersebut tak menggunakan APBD Kota Solo. Seluruh pendanaan termasuk hadiah untuk tim pemenang, semua ditanggung oleh sponsor.

“Semua pembiayaan, hadiah untuk pemenang ditanggung sponsor,” terang dia.

Organizing Committee (OC) Piala Wali Kota Solo, Cahyadi Wanda menyampaikan, total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp 1,1 miliar. Hadiah akan diberikan untuk tim yang masuk empat besar. Selain itu, panitia juga menyiapkan match fee sebesar Rp 115 juta per laga.

"Untuk juara 1 hadiahnya Rp500 juta, runner-up Rp 300 juta, peringkat ketiga Rp200 juta, peringkat keempat Rp100 juta. Match fee untuk klub yang menang Rp75 juta dan yang kalah Rp40 juta," beber Cahyadi.

Cahyani menambahkan, pertandingan Piala Menpora 2021 akan menggunakan sistem gugur. Setiap pertandingan akan disiarkan langsung oleh Indosiar dan Vidio.com. Pada hari pertama dibuka Persis Solo Vs PSG Pati pukul 15.15 WIB dan dilanjutkan malam hari Persib Vs Arema.

"Pertandingan akan digelar mulai 20 Juni, dibuka Persis Solo melawan PSG Pati pukul 15.15 WIB dilanjutkan Arema FC melawan Persib Bandung di hari yang sama pukul 18.00 WIB. Semua pertandingan akan digelar di Stadion Manahan, Solo," pungkas dia. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini