Perjalanan Karir Mayjen TNI Nyoman Cantiasa dari Gultor Hingga Danjen Kopassus

Senin, 28 Januari 2019 01:05 Reporter : Ramadhian Fadillah
Perjalanan Karir Mayjen TNI Nyoman Cantiasa dari Gultor Hingga Danjen Kopassus Nyoman Cantiasa. ©2019 Singapore Army

Merdeka.com - Mayor Jenderal I Nyoman Cantiasa resmi ditunjuk sebagai Danjen Kopassus TNI AD yang baru. Sosoknya bukan orang baru di tubuh korps baret merah ini.

Nyoman Cantiasa merupakan lulusan terbaik Akademi Militer tahun 1990. Sebagian besar karirnya dihabiskan di Kopassus, terutama di Satuan Anti Teror dan pendidikan pasukan elite itu.

Saat masih menjabat sebagai perwira muda, pria kelahiran Buleleng 26 Juni 1967 ini, pernah menjabat Komandan Tim Den 81 Gultor/Kopassus hingga Dantim Intel Grup 3 Sandhi Yudha.

Kemudian ketika menjadi Mayor, Cantiasa menjadi Komandan Sekolah Komando dan Sekolah Para di Pusdikpassus. Di siinilah para prajurit Kopassus digembleng untuk bertempur di tiga matra, darat, laut dan udara.

Naik menjadi Letnan Kolonel, dia menjabat Dandenma Kopassus di Cijantung. Lalu menjadi Dansat-81 Kopassus tahun 2010.

Saat menjadi Kolonel dia memegang posisi Komandan Pusdikpassus di Batujajar tahun 2012. Lalu mendapat tugas di teritorial sebagai Danrem 163/Wirasatya (2015).

Bintang di pundaknya diraih saat menjadi Danrem 173/Praja Vira Braja tahun 2017 lalu digeser menjadi Kasdam XVII/Cenderawasih di Papua pada 2018 awal.

Setelah itu dia kembali ditarik ke Jakarta menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Polkamnas Panglima TNI. Sebelum kemudian dipilih menjadi Danjen Kopassus tanggal 25 Januari kemarin.

Untuk berita terlengkap dan paling update, baca di One App dan menangkan hadiahnya…

ke Android Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.app.one

ke Apple Store : https://itunes.apple.com/us/app/one-app/id1441113233?ls=1&mt=8 [ian]

Topik berita Terkait:
  1. Kopassus
  2. TNI
  3. Mutasi
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini