Peringatan Maulid Nabi di Istana, Wapres Ma'ruf Amin Sambutan di Depan Jokowi

Jumat, 8 November 2019 21:16 Reporter : Merdeka
Peringatan Maulid Nabi di Istana, Wapres Ma'ruf Amin Sambutan di Depan Jokowi Wapres Maruf Amin menghadiri hari Santri Nasional 2019 di Surabaya. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1441H/2019M di Istana Negara Jakarta, Jumat (8/11). Jokowi didampingi Wapres Ma'ruf Amin.

Acara tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Samsuri Firdausi yang merupakan juara pertama MTQ di Turki. Kemudian, dilanjutkan uraian hikmah dari Guru Besar UIN Walisongo Prof Dr Abdul Jamil.

Ada hal berbeda dalam Maulid Nabi kali ini, di mana Jokowi tak memberikan sambutan. Sambutan disampaikan oleh Wapres Ma'ruf Amin. Padahal, setiap peringatan Maulid Nabi Muhammad, Jokowi selalu memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa Nabi Muhammad merupakan tokoh perubahan yang luar biasa. Nabi Muhammad, kata dia, berhasil mengubah masyarakat jahiliyah menjadi masyarakat khairul ummah, umat terbaik terbaik yang lahir untuk manusia..

"Perubahan yg dilakukan oleh Rasululah super cepat, karena hanya dilakukan selama 23 tahun," ucap Ma'ruf.

Menurut dia, apa yang dicapai oleh Rasulullah karena perubahan yang dilakukan dengan secara terus menerus dan berkelanjutan. Ma'ruf menuturkan Nabi Muhammad menjalani perbaikan dengan hati dan penuh santun. Hal itu, lanjut dia, perlu diteladani.

"Perubahan yang dilakukan Rasul adalah perubahan pada manusianya. Dari aqidah, cara berfikir, dan perilakunya. Semangat perubahan seperti Rasul itu yang ingin kita contoh dan teladani," jelas dia.

1 dari 1 halaman

Alasan Jokowi Tak Beri Sambutan

Saat ditanya, Jokowi mengatakan sengaja tidak memberikan sambutan karena menghormati Ma'ruf Amin sebagai ahli dalam bidang agama.

"Ya penghormatan kepada beliau. Beliau kan ahlinya. Benar kan tadi kan, apa yang beliau sampaikan tadi itulah yang harusnya kita kerjakan," ujar Jokowi usai acara.

Sementara Ma'ruf yang ditanya apakah dirinya akan rutin memberikan sambutan dalam acara Maulid Nabi, Ma'ruf membantahnya. "Enggak, sekali saja," ucap Ma'ruf yang berdiri di samping Jokowi.

Sementara itu, Jokowi ingin di acara Maulid Nabi tahun berikutnya, Ma'ruf juga turut memberikan sambutan. Hal itu, kata Jokowi, bisa dilakukan secara bergantian.

"Bisa saja bergantian Pak Kiai, Pak Wapres bergantian. Saling mengisi," kata Jokowi.Acara ini dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. Mereka antara lain, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Acara ini dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. Mereka antara lain, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kemudian Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, Menteri Desa Abdul Halim Iskandar.

Kemudian Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Kelautan dan Perikanan Eddy Prabowo, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN Sofyan Djalil.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini juga dihadiri para duta besar negara sahabat. Selain itu, puluhan anak-anak dari sejumlah sekolah di Jakarta juga diundang untuk hadir dalam peringatan Maulid Nabi tahun ini.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com [bal]

Baca juga:
Banyak Acara, Anies Baswedan Berhalangan Hadir di Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
Ribuan Warga Mulai Memadati Monas Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
Bangun Indonesia Maju, Ma'ruf Amin Ingin Tiru Cara Nabi Muhammad
Keraton Yogya Mulai Prosesi Pembuatan Gunungan Gerebeg Maulid
Menengok Perayaan Maulid Cucu Nabi Hussein Bin Ali di Mesir
NasDem Ajak Umat Islam Teladani Akhlak Rasul

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini