Penyidik KPK kembali datangi Kota Batu, berkumpul di mapolres

Kamis, 28 September 2017 16:49 Reporter : Darmadi Sasongko
Penyidik KPK kembali datangi Kota Batu, berkumpul di mapolres KPK datangi Mapolres Kota Batu. ©2017 merdeka.com/darmadi sasongko

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali datang ke Kota Batu, Jawa Timur. Sejumlah penyidik dengan mengenakan rompi KPK sedang bekerja di Mapolres Batu, Kamis (27/9).

Penyidik tiba di Mapolres mengendarai mobil Toyota Innova warna hitam, serupa saat penggeledahan di Rumah Dinas Walikota Batu, Eddy Rumpoko dan Balaikota Among Tani Batu.

Namun, hingga saat tidak diperoleh keterangan pasti tentang aktivitas lembaga antirasuah tersebut di Kota Batu. Hingga saat ini, para petugas sedang bekerja di dalam ruangan penyidikan. Semua aktivitas tertutup bagi media.

Sementara itu, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Batu mendatangi Mapolres Batu sekitar pukul 13.00 WIB. Mereka di antaranya Kepala badan Keuangan Daerah (Zadim Efisiensi), Kepala Dinas Pendidikan (Mistin), Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Arief As Siddiq) dan Sekretaris Pribadi Walikota Batu (Lila Widya).

Kepala Dinas Pendidikan, Mistin meninggalkan Polres dengan sebuah pengawalan ketat. Ia langsung memasuki mobil dan meninggalkan lokasi tanpa memberikan keterangan.

KPK sendiri sudah berada di Kota Batu sejak Rabu (27/9). Pemeriksaan tersebut diduga terkait dengan Walikota Batu Eddy Rumpoko, yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT), Sabtu (16/9).

Eddy selanjutnya ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan menerima komisi dari proyek belanja modal dan pengadaan meubel air di Pemkot Batu tahun anggaran 2017.

Selain Eddy, Kepala Bagian Layanan dan Pengadaan (Kabag ULP) Pemkot Batu, Edi Setiawan juga ditetapkan sebagai tersangka lantaran menerima sejumlah uang dari pengusaha Fhilipus Djap (FHL).

Edi menerima menerima fee 10 persen dari proyek sebesar Rp 5,26 miliar. Proyek itu dimenangkan PT Dailbana Prima (DP). [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Wali Kota Batu Tersangka
  2. Batu
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini