Pengacara Kaget Heru Hidayat Mendadak Ditahan Kejagung di Kasus Jiwasraya

Selasa, 14 Januari 2020 19:38 Reporter : Nur Habibie
Pengacara Kaget Heru Hidayat Mendadak Ditahan Kejagung di Kasus Jiwasraya Ilustrasi Jiwasraya. ©2020 Liputan6.com

Merdeka.com - Lima saksi kasus dugaan penyelewengan dana PT Asuransi Jiwasraya keluar pemeriksaan mengenakan rompi merah muda. Mereka disebut telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Salah satu kuasa hukum tersangka, Soesilo Ari Wibowo mengatakan, kliennya yakni Komisaris PT Trada Alam Mineral Tbk Heru Hidayat telah ditetapkan tersangka oleh Kejaksaan. Dia pun kaget dengan penetapan tersebut.

"Sekarang statusnya berubah menjadi tersangka dengan tiba-tiba dan ini ditahan," kata Soesilo di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Selasa (14/1).

Meski kliennya sudah ditetapkan sebagai tersangka, ia tetap menghormati keputusan tersebut. Ia juga berjanji akan mengikuti proses Kejaksaan Agung selanjutnya. Dia sempat kaget, karena baru ditunjuk sebagai pengacara seminggu belakangan ini.

"Ya pertama kita hormati dulu langkah ini langkah dari kejaksaan kita hormati dulu, ikuti dulu kemudian perkara ini kan panjang jadi tidak bisa kita dengan tiba-tiba mengatakan ini atau itu kita hormati dulu. Ikuti langkah dari Kejaksaan Agung dulu," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Namun, ia tetap menyesali penahanan yang dilakukan oleh Kejaksaan Agung terhadap kliennya tersebut. "Memang saya selaku penasihat hukum tentu menyangkan mengenai penahanan ini. Karena urgensinya tidak ada menurut saya, kita hormati dulu," ujarnya.

Saat ditanya, apa peran Heru dalam kasus tersebut. Ia mengaku belum bisa menjawab dan ingin pertanyaan itu ditanyakan kepada pihak Kejaksaan Agung.

"(Peran Heru) Nanti itu soal materi soal nanti, kalau misalkan perlu jelas mungkin perlu ditanya ke Kejaksaan Agung. Belum bisa menjelaskan karena ini baru saja, kaget juga saya. Karena tadi pagi dipanggil sebagai saksi," pungkasnya.

Lima orang yang keluar mengenakan rompi merah muda yakni Heru Hidayat, kemudian Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro. Selanjutnya, mantan Direktur Keuangan Jiwasraya Harry Prasetyo. Pensiuanan PT Asuransi (Persero) Jiwasraya Syahmirwan juga ikut ditahan. Terakhir, mantan Dirut Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Hendrisman Rahim.

Berikut lokasi penahanan kelima tersangka tersebut:

1. Benny Tjokro di Rutan KPK
2. Heru Hidayat di Rutan Salembang Cabang Kejagung
3. Hary Prasetyo di Rutan Salemba Cabang Kejari Jaksel
4. Syahmirwan di Rutan Cipinang
5. Hendrisman Rahim di Rutan Guntur

[rnd]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini