Pemerintah Tetapkan 21 Kabupaten Kota Kreatif di Indonesia 2021

Rabu, 1 Desember 2021 20:58 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Pemerintah Tetapkan 21 Kabupaten Kota Kreatif di Indonesia 2021 Sandiaga Uno. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno resmi menetapkan 21 lokasi sebagai Kota Kabupaten Kreatif Indonesia 2021. Dia mengatakan penetapan ini sebagai upaya untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif di Tanah Air.

KaTa merupakan singkatan kabupaten dan kota Kreatif merupakan program kolaborasi antara Kemenparekraf dengan pemerintah daerah guna mendorong para pelaku UMKM berinovasi memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). Sehingga peluang usaha dan lapangan kerja baru dapat diciptakan bagi masyarakat.

Penetapan 21 KaTa Kreatif Indonesia 2021 tersebut dibagi menjadi dua tahapan dengan 10 kabupaten/kota pertama antara lain Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Majalengka, Kota Malang, Kabupaten Rembang, Kota Denpasar, Kabupaten Gianyar, Kota Palembang, Kota Semarang, Kota Surakarta.

Kemudian 11 kabupaten/kota lainnya ialah Kota Ambon, Kota Banda Aceh, Kabupaten Banjarnegara, Kota Salatiga, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Wonosobo, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Karanganyar dan terakhir Kota Pekalongan.

"Penetapan ini diharapkan menjadi pemicu kabupaten/kota yang lain untuk menggali dan mengembangkan ekonomi kreatif di daerah masing-masing. Diharapkan tahun depan akan ada peningkatan kabupaten/kota lainnya, termasuk Samarinda yang potensinya bisa dikembangkan," ujar Sandiaga dalam keterangannya, Rabu (1/12).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini berharap penetapan KaTa Kreatif Indonesia 2021 dapat mendorong kabupaten/kota agar lebih inovatif, adaptif, dan kolaboratif dalam meningkatkan kinerja ekonomi kreatif demi memajukan kesejahteraan masyarakat di wilayah masing-masing.

Dia mengajak Kabupaten/Kota lain juga ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan Uji Petik Penilaian Kabupaten/Kota Kreatif (PMK3I) yang merupakan bagian dari program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia.

Sandiaga juga menyampaikan Kemenparekraf memiliki program Bantuan Pemerintah untuk tahun 2022. Dia mengajak pelaku ekonomi kreatif untuk berpartisipassi mengajukan proposal. [ray]

Baca juga:
Sandiaga Uno: Jadi Ujung Tombak Ekonomi, Generasi Milenial Harus Merdeka Finansial
Karantina dari Luar Negeri Diperpanjang, Pemerintah Utamakan Kesehatan Masyarakat
PPP: Ganjar-Sandiaga Potensial untuk Meraup Suara
Wacana Ganjar-Sandiaga, PKB Tetap Yakin Cak Imin Tepat Pimpin Indonesia
Antisipasi Varian Omicron, Sandiaga Evaluasi Daftar Negara yang Boleh Masuk RI

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini