Pemda DIY Siapkan Asrama Haji Hingga Hotel untuk Karantina Tim Medis dan Masyarakat

Kamis, 2 April 2020 21:20 Reporter : Purnomo Edi
Pemda DIY Siapkan Asrama Haji Hingga Hotel untuk Karantina Tim Medis dan Masyarakat Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. ©2019 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Pemda DIY akan menyiapkan sejumlah tempat untuk mengkarantina tenaga medis maupun masyarakat yang membutuhkan di tengah wabah Corona atau Covid-19. Sejumlah bangunan milik pemerintah hingga hotel akan disiapkan Pemda DIY untuk karantina.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, menerangkan pemerintah memiliki sejumlah gedung dalam bentuk tempat diklat yang bisa dipakai sebagai tempat karantina. Selain itu adapula asrama haji yang bisa dipakai sebagai tempat karantina.

"Jadi (gedung) diklat-diklat kan banyak di sini. Diklat, wisma haji, dan sebagainya bisa kita gunakan," ujar Sultan HB X, Kamis (2/4).

Sultan HB X menyebut, selain bangunan milik pemerintah adapula opsi menggunakan hotel untuk tempat karantina ini. Sultan HB X mengungkapkan sudah ada beberapa hotel yang menjalin komunikasi dengan Pemda DIY.

"Juga ada teman-teman yang punya hotel sudah berkomunikasi. Karena daripada hotel ditutup kan bisa saja digunakan untuk tinggal untuk karantina," ungkap Sultan HB X.

Sedangkan Sekda DIY, Kadarmanta Bagaskara Aji menerangkan ada dua gedung milik pemerintah yang disiapkan sebagai tempat karantina bagi tenaga medis maupun masyarakat.

Dua gedung ini adalah Gedung Pusdiklat Kemendagri dan Wisma Haji. Nantinya satu gedung akan dipakai bagi tenaga medis dan satu gedung lainnya untuk masyarakat yang membutuhkan karantina.

Aji menerangkan untuk Gedung Pusdiklat Kemendagri bisa menampung 150 orang. Sedangkan Wisma Haji mampu menampung 300 orang.

"Nanti salah satu di antara itu dipakai oleh tenaga medis. Yang satunya siapa yang perlu dikarantina," papar Aji. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini