Pastikan Stok, Polisi Cek Oksigen untuk Pasien Covid-19 di RS Pekanbaru

Sabtu, 24 Juli 2021 01:32 Reporter : Abdullah Sani
Pastikan Stok, Polisi Cek Oksigen untuk Pasien Covid-19 di RS Pekanbaru Isi Ulang Tabung Oksigen Bayar Sukarela. ©2021 Liputan6.com/Hermann Zakharia

Merdeka.com - Kapolresta Pekanbaru, Kombes Nandang Mu'min Wijaya, melakukan pengecekan ketersediaan oksigen serta bor (tempat tidur) untuk pasien Covid-19 di rumah sakit Eka Hospital. Hasilnya, tabung oksigen masih banyak tersedia.

"Kita melakukan pengecekan ke rumah sakit Eka Hospital memastikan ketersediaan oksigen dan tempat tidur untuk pasien Covid-19 yang dirawat di sini," ujar Kombes Nandang, Jumat (23/7).

Menurut Nandang, sesuai dengan instruksi Gubernur Riau bahwa setiap rumah sakit harus menyediakan 40 persen ketersediaan tempat tidur untuk pasien Covid-19.

"Alhamdulillah dari kapasitas 200, sudah ada 104 tempat tidur yang sudah disiapkan oleh RS Eka Hospital untuk merawat pasien Covid-19," ucap Nandang.

Selain itu, Nandang juga ingin memastikan ketersediaan oksigen untuk menyuplai perawatan pasien Covid-19 yang ada di RS Eka Hospital.

"Saya sudah mengecek langsung ke tempat penyimpanannya, kapasitas tabung penyimpanan oksigen itu ada di level 80 persen dari jumlah tabung yang ada dengan ukuran sebanyak 3150 liter. Sementara setiap harinya pasien Covid membutuhkan 800 liter. Namun pihak Eka Hospital selalu menyetok agar tidak terjadi kekurangan," kata Nandang.

Nandang mengatakan, pihaknya juga sudah mengecek langsung ke bagian gudang Fortable. Ada sebanyak 30 tabung untuk dipergunakan apabila ada pasien yang membutuhkan oksigen. Terutama pasien Covid-19 ketika dia berpindah dari ruang isolasi gawat darurat menuju ke ruang ICU.

"Ketersediaan baik tempat tidur maupun oksigen sudah siap. Alhamdulillah rumah sakit Eka Hospital sudah optimal untuk menangani pasien Covid-19 di kota Pekanbaru," jelas Nandang.

Nandang menyampaikan, pihaknya bukan akan berlanjut melakukan pengecekan di Eka Hospital. Tak hanya itu, rumah samit yang lain juga akan didatangi untuk memastikan kesiapan dalam menangani pasien Covid-19.

"Begitu juga di rumah sakit lainnya akan dilakukan pengecekan ketersediaan untuk merawat pasien Covid-19 di Kota Pekanbaru," pungkas perwira menangah jebolan Akpol 1997 itu. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini