Ombudsman sebut Satgas Saber Pungli sudah menerima 6.800 pengaduan

Sabtu, 26 November 2016 12:23 Reporter : Fauzi Alfiansyah
Ombudsman sebut Satgas Saber Pungli sudah menerima 6.800 pengaduan Konpers Satgas Saber Pungli. ©2016 Merdeka.com/Rizky Andwika

Merdeka.com - Sejak dibentuk pada bulan Oktober 2016, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) telah menerima ribuan laporan. Komisioner Ombudsman Alamsyah Saragih mengatakan, hingga saat ini Satgas Saber Pungli telah menerima banyak laporan.

"Sejak dibentuk, Satgas Saber Pungli langsung banyak menerima laporan. Total laporan hingga saat ini mencapai ribuan," ujar Alamsyah Saragih di Jakarta Pusat, Sabtu (26/11).

Selain itu, Alamsyah mengatakan 51,3 pungli di Indonesia terjadi di semua institusi, itu terdiri dari 6.800 laporan. "51,3 persen itu terdiri dari lembaga penegak hukum, Peradilan dan juga di Kepolisian, sedangkan di sektor Pendidikan 45 persen," ungkapnya.

Untuk memberantas pungli, perlunya komitmen pimpinannya dalam memperketat pengawasan internal. Adanya pungli salah satunya disebabkan karena pemimpin yang kurang berkomitmen.

Tak dipungkiri, pengawasan mungkin tidak dapat dilakukan secara keseluruhan, tetapi jika semua unsur pimpinannya komitmen hal tersebut akan menutup ruang bagi para pihak untuk melakukan pungli.

"Intinya pengawasan internal dari pimpinan yang diperketat, kalau pimpinannya komitmen enggak akan sampai banyak pungli. Sekarang hampir di semua lini ada pungli," terangnya.

Sebelumnya, Satgas Saber Pungli dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar dan Keputusan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Nomor 78 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini