MUI Minta Masyarakat Bantu Jemaah yang Diisolasi di Masjid Kawasan Tamansari

Sabtu, 28 Maret 2020 16:10 Reporter : Merdeka
MUI Minta Masyarakat Bantu Jemaah yang Diisolasi di Masjid Kawasan Tamansari Ilustrasi MUI. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas meminta masyarakat dan pemerintah daerah DKI Jakarta untuk membantu para jemaah tabligh yang sedang diisolasi di Masjid Kebon Jeruk, Tamansari, Jakarta Barat.

"Jelas lah kita harus membantu mereka yang sedang dikarantina, mereka kan enggak bisa keluar," kata Anwar Abbas saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (28/3).

Anwar menjelaskan, kejadian ini bermula ditemukan tiga orang yang diduga positif Covid-19 dari 300 jemaah tabligh yang sebagian besar berasal dari luar negeri itu.

Hal ini membuat otoritasi setempat melakukan isolasi terhadap ratusan jemaah tersebut. Demi menghindari penyebaran virus yang lebih luas.

"Dan apa yang dilakukan itu udah benar itu, dikarantina," ungkapnya.

Abbas menceritakan bahwa ratusan jemaah tabligh itu memang kerap melakukan khuruj (keluar) atau meluangkan waktu untuk secara total berdakwah ke daerah lain.

"Misalnya saya di Ciputat ya lalu saya ke masjid di Bogor, ke masjid di Australia itu khuruj namanya," beber dia.

Saat ini para jemaah masih berada di masjid. Dibutuhkan bantuan dari berbagai pihak untuk kebutuhan logistik mereka selama 14 hari menjalani masa isolasi.

Reporter: Yopi Makdori [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini