Kemenpora Tak Gengsi Cabut Imbauan Nyanyikan Indonesia Raya di Bioskop

Jumat, 1 Februari 2019 18:15 Reporter : Sania Mashabi
Kemenpora Tak Gengsi Cabut Imbauan Nyanyikan Indonesia Raya di Bioskop lagu indonesia Raya di bioskop. ©Istimewa

Merdeka.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga memutuskan mencabut surat imbauan menyanyikan lagu Indonesia Raya di bioskop. Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewabroto mengatakan pihaknya tak gengsi mencabut surat itu jika akhirnya memicu kegaduhan publik.

"Kalau ternyata itu kegaduhannya tinggi, kami tidak boleh merasa malu untuk segera mencabut daripada demi gengsi dipertahankan. Yang rugi juga masyarakat, yang rugi juga kantor kelembagaan," kata Gatot di Kemenpora, Jakarta Selatan, Jumat (1/2).

Gatot menuturkan, Menteri Imam Nahrawi belum menandatangani surat pencabutan imbauan menyanyikan lagu Indonesia Raya di bioskop. Sebab, menurutnya, Menpora masih melakukan kajian terkait imbauan tersebut.

"Memang dokumen itu masih dikaji dengan Pak menteri untuk segara insyaAllah ditanda tangani," ujarnya.

Berdasarkan prosedur, kata Gatot, setiap surat yang dikeluarkan termasuk surat pencabutan ini harus ditandatangani Menpora. Sebab, Imam adalah pemilik jabatan tertinggi di Kemenpora.

"Jadi tidak ada yang berbeda dengan apa yang saya sampaikan tadi pagi. Hari ini rencana tapi secara legal formal memang belum dari pak menteri (yang) tanda tangan. Semoga hari ini surat tanda tangan untuk rencana pencabutan (dikeluarkan)," ungkapnya.

Sebelumnya, Kemenpora menyatakan alasan pencabutan surat itu karena munculnya kegaduhan dan resistensi yang tinggi dari publik.

"Alhamdulillah, surat imbauan tentang menyanyikan lagu Indonesia Raya di setiap jelang pemutaran film di bioskop sudah dicabut. Hal itu atas dasar berbagai pertimbangan dan juga karena resistensi dan kegaduhannya yang sangat tinggi. Mohon maaf," kata Gatot. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini