Mengintip Kekuatan TNI Saat Ini, Tak Bisa Diremehkan Dunia

Selasa, 2 April 2019 05:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Mengintip Kekuatan TNI Saat Ini, Tak Bisa Diremehkan Dunia Aksi prajurit TNI di HUT ke 72. ©2017 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Indonesia dari tahun ke tahun terus melakukan modernisasi alat utama persenjataan atau alutsista untuk pertahanan. Sekarang banyak alutsista tempur TNI sudah modern dan canggih dan mampu menjaga pertahanan Indonesia.

Apalagi, Indonesia juga memproduksi beragam alutsista, salah satunya lewat PT Pindad. Bahkan produk Pindad dibeli oleh negara-negara lain.

Kekuatan TNI sekarang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sekarang semakin kuat dan disegani. Berikut ulasan singkat mengenai kekuatan TNI dikutip dari survei Global Firepower:

1 dari 4 halaman

TNI Terkuat ke-15 di Dunia

Hasil survei Global Firepower, militer Indonesia termasuk salah satu yang terkuat di dunia. Militer Indonesia berada di urutan ke-15 yang terkuat di dunia.

Kekuatan militer Indonesia diperkuat oleh 800.000 personel militer, dengan 400.000 personel aktif dan cadangan. Bahkan skor indeks kekuatan TNI adalah yang tertinggi di Asia Tenggara dan di posisi ke-8 di Asia.

2 dari 4 halaman

TNI AD Punya Banyak Kendaraan Tempur Canggih

Untuk memperkuat pertahanan di darat, TNI AD memiliki puluhan jenis kendaraan tempur. Masih data dari Global Firepower, TNI AD memiliki banyak kendaraan lapis baja hingga tank.

Di antaranya kendaraan-kendaraan tempur itu seperti tank Leopard Revolution, Leopard 2A4, AMX-13, FV101 Scorpion 90, AMX-VTT, Tarantula 6x6, Marder 1A3, V-150 Commando, VAB, Alvis Stormer, Pindad APS-3 ANOA, Pindad APR-1V.

Kemudian mobil lapis baja FV601 Saladin, Ferret, Cadillac Gage Commando Scout, BTR-40, Pindad Badak. Belum lagi ada helikopter, roket, rudal milik TNI AD yang lain. Jumlahnya sangat banyak.

3 dari 4 halaman

TNI AL Punya Ratusan Senjata Tempur

TNI AL juga punya banyak alutsista andalan. Saat ini TNI AL memiliki sekitar 68.800 prajurit, termasuk di dalamnya 18.500 personel marinir dan 1.090 penerbangan/personel udara AL.

TNI AL memiliki Kapal Republik Indonesia (KRI) berjumlah 167 kapal yang terdiri dari 51 KRI Kekuatan Pemukul (Striking Force), 53 KRI Patroli, 63 KRI pendukung, dan 4 kapal LPD. Kapal multipurpose ini 2 unit dibuat di Korea Selatan (KRI MKS dan KRI SBY) dan 2 unit dikerjakan oleh PT. PAL (KRI BAC DAN KRI BJN) dan sejumlah persenjataan canggih lainnya.

4 dari 4 halaman

TNI AU Punya Radar Canggih

TNI AU mengoperasikan 16 situs radar di seluruh Indonesia, seperti Udara-ke-udara (AIM-9 Sidewinder, R-73 Archer, R-27 Alamo, R-77 Adder, MAA-1 Piranha). Dan Udara-ke-darat (AGM-65 Maverick, AGM-84 Harpoon, Kh-29 Kedge, Kh-31 Krypton, Kh-59 Kingbolt).

Selain itu, TNI AU punya pesawat tempur yang ditakuti negara lain, seperti Sukhoi Su-20 dan Sukhoi Su-37, Jet Tempur F-33, Lockheed Martin F-16 Fighting Falcon, T-50 Golden Eagle, Lockheed C-130 Hercules, Lockheed L-100, Aérospatiale AS 330 Puma, MBB Bo 155 dan sejumlah persenjataan canggih lainnya. [has]

Baca juga:
Menengok Roket MLRS Astros TNI AD, Sekali Tembak Wilayah 1 Hektar Hancur
Mengungkap Cerita Pembelian SU-35 untuk TNI AU, Sampai Indonesia Ditekan AS
Deretan Jet Tempur TNI Buat Usir Pesawat Asing di Langit Indonesia
Kisah Indonesia Kirim Jet Tempur & Kapal Selam Bantu Pakistan Perangi India

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini