Mendagri Tito Akan Keluarkan Aturan Agar Semua Daerah di Indonesia Dipasang CCTV

Selasa, 19 November 2019 18:13 Reporter : Merdeka
Mendagri Tito Akan Keluarkan Aturan Agar Semua Daerah di Indonesia Dipasang CCTV Mendagri Tito Karnavian. ©2019 Merdeka.com/Genan

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri mengusulkan sekaligus meminta setiap daerah di Indonesia memiliki koneksi CCTV. Hal ini disampaikan Tito saat memberikan sambutan dalam acara pemberian penghargaan Swasti/Saba Kabupaten dan Kota 2019 di Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Selasa (19/11).

Tito serius dengan usulan itu. Dia berencana membuat aturan agar setiap daerah memiliki CCTV.

"Saya minta tolong kepada bapak-bapak, terutama di perkotaan kalau bisa dibuat. Saya nanti akan bicara juga secara internal untuk menyusun peraturannya," kata Tito.

Usulan ini berangkat dari pengalamannya sebagai Kapolri. Keberadaan CCTV dinilai penting. Bukan hanya untuk digunakan masalah keamanan semata.

"Tapi juga masalah ketertiban lalu lintas, kelancaran lalu lintas, kebersihan, konflik, masalah ada ribut-ribut dan lainnya," ungkap Tito.

1 dari 1 halaman

Manfaat CCTV

CCTV juga bisa digunakan untuk memantau kebersihan daerah. Dia melanjutkan, jika terjadi konflik atau perselisihan, bisa langsung direspons setelah melihat CCTV. Sehingga tak perlu menunggu laporan.

"Bisa lihat tempat mana yang kotor, tempat mana yang jorok. Apalagi kalau ribut-ribut. Kemarin, seperti di depan Bawaslu biru, di DPR/MPR kami sangat terbantu sekali. Kita harus memanfaatkan teknologi," ucapnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com [noe]

Baca juga:
Biaya Pilkada Langsung Mahal, Sistem Pemilihan atau Parpol yang Jadi Biang Kerok?
Ganjar Ingatkan Mendagri: Pilkada Lewat DPRD Rawan Terjadi Suap
Seloroh Menteri Tito: Baris Paling Belakang Saat Akabri, Mungkin Karena Stunting
ICW Tantang Mendagri Tito Reformasi Partai Sebelum Ubah Format Pilkada Langsung
PDIP Dukung Pelaksanaan Pilkada Langsung Dievaluasi
Soal Desa Fiktif, Tito Minta Kemenkeu dan Kemendes Cek Lapangan

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini