Marak Kerusuhan di Lapas, Ditjen dan Dirjen PAS Dinilai Pantas Dicopot

Selasa, 25 Juni 2019 07:32 Reporter : Merdeka
Marak Kerusuhan di Lapas, Ditjen dan Dirjen PAS Dinilai Pantas Dicopot Kerusuhan Lapas Labuhan Ruku. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Belum lama terjadi kerusuhan di Lapas Narkotika Kelas III, Langkat, Sumatera Utara dan Rutan kelas II B Siak Sri Indrapura, Siak, Riau yang berujung pada pembakaran oleh narapidana. Pucuk pimpinan Kementerian Hukum dan HAM seperti Dirjen PAS pun diminta mengundurkan diri dari jabatannya.

Pengamat Kebijakan Publik, Trubus Rahardian menilai, pembakaran lapas dan rutan disebabkan kurangnya pengawasan dan keamanan di dalamnya. Dari situ, pembenahan jajaran lapas dan rutan artinya mesti dilakukan.

Salah satunya dengan mengganti Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjen PAS Lilik Sujandi hingga Dirjen PAS Sri Puguh Budi Utami.

"Bila hulunya dibenahi, hilirnya pasti akan baik. Tak ada lagi kericuhan yang menyebabkan pembakaran rutan maupun lapas," tutur Trubus dalam keterangannya, Selasa (25/6).

Trubus menyebut, kerusuhan dalam jeruji besi tidak tertangani dengan baik lantaran koordinasi antara pihak lapas atau rutan dengan TNI Polri yang kurang baik.

"Yang saya tangkap, selama ini dari pihak lapas maupun rutan, biasanya mencoba menyelesaikan sendiri. Kalau tak bisa baru mereka meminta bantuan," jelas dia.

Lebih lanjut, setiap permasalahan yang terjadi di lapas atau rutan akan selalu ditimpakan sepenuhnya kepada Kalapas atau Karutan. Sementara yang juga dibutuhkan adalah upaya pembenahan menyeluruh.

"Pucuk tertinggi yang seharusnya mengambil sikap atas gagalnya masalah ini," Trubus menandaskan.

Sebelumnya, ratusan narapidana membakar rumah tahanan (Rutan) Kabupaten Siak, Riau, Rabu 11 Mei 2019 sekitar pukul 01.00 WIB. Rutan yang dihuni sekitar 648 narapidana itu ludes dilahap si jago merah.

Napi diduga mengamuk dan menyerang para sipir yang berjaga. Usai kejadian, tim personel Polres Siak dibantu anggota Kodim 0303 Bengkalis melakukan penjagaan ketat di lokasi kejadian.

Tidak lama, kejadian serupa terjadi di Lapas Klas III Narkotika, Langkat, Sumut, pada Kamis 16 Mei 2019 yang juga mengakibatkan ratusan narapidana melarikan diri. Bukan hanya melakukan perusakan, mereka juga membakar sejumlah kendaraan bermotor.

Reporter: Nanda Perdana Putra
Sumber: Liputan6.com [eko]

Topik berita Terkait:
  1. Bentrokan Lapas
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini