Lumpuhkan teroris Pasuruan, 5 anggota Polsek Lawang Malang terima penghargaan

Sabtu, 18 Agustus 2018 01:30 Reporter : Darmadi Sasongko
Lumpuhkan teroris Pasuruan, 5 anggota Polsek Lawang Malang terima penghargaan 5 anggota Polres Malang terima penghargaan. ©2018 Merdeka.com/Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Lima personel anggota Polres Malang menerima penghargaan dari Polda Jawa Timur dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-73. Kelima polisi berjasa menangkap Daftar Pencarian Orang (DPO) terduga teroris Abdullah, pelaku bom Bangil, Pasuruan.

Lima personel tersebut adalah Ipda Saifullah, Aiptu Edy Kristia Budi, Aiptu M Zulhardi, Bripka Indra Setiawan dan Brigadir Agus Dwi Yono. Mereka merupakan anggota Polsek Lawang Polres Malang.

Prestasi mereka dinilai patut mendapatkan reward atas dedikasi dan kepedulian mengamankan wilayah. Selain itu, juga berhasil dan mampu melakukan penangkapan terhadap DPO pelaku teroris.

"Ini wujud penghargaan pimpinan kepada anggotanya yang berprestasi," tegas AKBP Yade Setiawan Ujung, Kapolres Malang, Jumat (17/8).

Kelima personil berhasil melakukan upaya paksa terhadap DPO pelaku teror yang terjadi di Bangil, Pasuruan. Pelaku membuat keresahan dan ketakutan warga masyarakat akibat ledakan di rumah yang dikontraknya, Kamis (6/7/2018).

Kasubag Humas Polres Malang, AKP Farid Fathoni menambahkan, selain lembar penghargaan, Polda Jawa Timur juga memberikan reward atas prestasi tersebut. Penghargaan diserahkan oleh Wakapolda Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo mewakili Kapolda Jatim.

"Para anggota tersebut di luar tugas mampu menjawab tantangan dalam penanganan teroris di Jawa Timur," katanya.

Perlu diketahui DPO terduga teroris ledakan Bangil, Abdullah (29) ditangkap di Pasar Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pelaku yang disebut sebagai salah satu anggota JAD (Jamaah Ansharut Daulah) Wilayah Jawa Timur sedang tidur di dalam Pasar Lawang.

Penangkapan terjadi Jumat (3/8) sekitar pukul 21.00 WIB di Area Pasar Tradisional Lawang, Kabupaten Malang. Tertangkapnya Abdullah bermula dari anggota Polsek Lawang yang mendapatkan informasi dari media sosial tentang adanya seseorang pria berwajah Arab yang dicurigai berada di sekitar pasar Lawang. Semula oleh warga diduga tengah kebingungan mencari saudaranya di sekitar lokasi.

Pelaku berusaha melakukan penusukan terhadap petugas, sehingga dilumpuhkan dengan tembakan di kaki. Tersangka juga sempat berlari ke pemukiman penduduk, sebelum kemudian kembali ditangkap petugas. [ded]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini