Longsor di Deli Serdang, Perkuburan Amblas

Selasa, 29 Oktober 2019 20:32 Reporter : Yan Muhardiansyah
Longsor di Deli Serdang, Perkuburan Amblas Pemakaman longsor di Deli Serdang. ©2019 Merdeka.com/Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Longsor terjadi di Desa Penungkiren, Kecamatan STM Hilir, Deli Serdang Sumut. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun pemakaman setempat amblas, sehingga puluhan kuburan terpaksa dipindahkan.

Berdasarkan informasi dihimpun, longsor terjadi di Dusun III Pamah, Minggu (27/10) pagi. Hingga Selasa (29/10) warga masih berupaya memindahkan makam kerabatnya yang terancam ikut amblas.

Longsor terjadi menyusul hujan yang terjadi pada Sabtu ((26/10) malam. "Hujan deras terus sampai jam 24.00 malam. Karena tingginya curah hujan itu lalu baru setelah (Minggu) pagi, nampak warga kuburan itu amblas," kata Kepala Desa Penungkiren, Pasangen Sembiring, Selasa (29/10).

Akibat longsoran itu beberapa tengkorak dan tulang-belulang dari kuburan berserakan terbawa tanah longsor. Sementara kuburan yang ikut amblas hanya satu.

Tapi kuburan yang lain dalam posisi genting karena berada di tepi tebing. Warga pun bermufakat untuk memindahkannya.

Mereka menyepakati untuk memindahkan kuburan kerabatnya ke lahan masing-masing. Sekurangnya sudah sekitar 13 kuburan yang dipindahkan. Pemindahan masih berlanjut hingga hari ini.

"Ke depan kita pindahkan ke lahan tanah wakaf kita. Kalau nanti kita dapat nanti bolehlah kita pindahkan ke tanah wakaf yang sudah ada," ucap Pasangen.

Saat ini pihak desa sudah berkoordinasi dengan kecamatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Mereka berupaya mencari lahan baru untuk dijadikan lahan perkuburan. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Tanah Longsor
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini