Lagi, Harimau Sumatera Mangsa Hewan Ternak Warga di Langkat

Sabtu, 10 April 2021 02:31 Reporter : Uga Andriansyah
Lagi, Harimau Sumatera Mangsa Hewan Ternak Warga di Langkat Harimau Sumatera mangsa hewan ternak warga di Langkat. ©2021 Merdeka.com/Uga Andriansyah

Merdeka.com - Harimau Sumatera (Panthera tigris) kembali memangsa hewan ternak warga di Dusun 8, Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (8/4).

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah V Bahorok, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) Palber Turnip mengatakan, satu ekor lembu milik warga mati diterkam harimau itu. Lembu itu diketahui berada di dalam kandang yang tak berpintu.

"Bangkai lembu itu awalnya ditemukan oleh warga yang kemudian melaporkannya ke kami. Dari laporan itu, kemudian dilakukan pengecekan dan menemukan bangkai lembu seberat 70 kg itu berada sejauh 200 meter dari kandang anti serangan harimau yang dibuat BBTNGL," kata Turnip saat dikonfirmasi, Jumat (9/4).

Lanjut Turnip, saat pihaknya melakukan pengecekan ditemukan jejak harimau tak jauh dari kandang lembu yang mati diterkam. Matinya hewan ternak milik warga ini menambah rentetan teror harimau di Langkat.

Berdasarkan keterangan Turnip, sejak Desember 2020 hingga April 2021 sedikitnya 12 ekor lembu milik warga mati dimangsa harimau.

Sementara, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara (BBKSDA Sumut), Hotmauli Sianturi menjelaskan, kejadian hewan ternak yang dimangsa harimau di Langkat memang kerap terjadi.

"Itu lembu yang dimangsa ini kan diletakkan di kandang yang sudah 2 tahun ditinggalkan. Itu kandang yang dibuat sama-sama dulu tapi tidak dirawat. Mestinya tetap dirawat kandangnya, jadi biar tetap bisa digunakan," pungkasnya.

Masyarakat pun diminta untuk mengandangkan hewan ternaknya agar kejadian serupa tak terulang lagi.

Baca juga:
Jual Harimau Sumatera Diawetkan dan 2 Gading Gajah, 3 Warga Jambi Diringkus
Pakai Helikopter, Potret Pelepasliaran Harimau Sumatra 'Suro' di Taman Gunung Leuser
Niat Cari Sinyal di Gunung, Remaja Ini Malah Ketemu Harimau
Satu Harimau Lepas di Singkawang Dilumpuhkan dengan Peluru Tajam
Dua Harimau yang Lepas dari Sinka Zoo Singkawang Berhasil Dilumpuhkan
Dua Harimau Lepas dari Kebun Binatang di Singkawang Gara-Gara Kandang Longsor

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini