KPAI Tegaskan Akan Proses Seluruh Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye

Senin, 12 November 2018 19:33 Reporter : Merdeka
KPAI Tegaskan Akan Proses Seluruh Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye KPAI tindak pelanggaran kampanye yang libatkan anak. ©Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Merdeka.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) akan terus memproses laporan dugaan pelanggaran kampanye yang melibatkan anak. Adapun laporan tersebut dibuat oleh kedua belah pihak, baik kubu Jokowi-Ma'ruf maupun Prabowo-Sandiaga.

Pernyataan ini disampaikan Ketua KPAI Susanto usai bertemu dengan kedua Timses. Mereka membicarakan komitmen kedua pasangan calon serta tim untuk tak melibatkan anak-anak.

"Tentu seluruh pengaduan yang masuk ke kami, kami akan klarifikasi dan dalami. Kalau butuh daya dukung dan bantuan dari instansi lain, kami juga akan meminta. Itu bagian ikhtiar KPAI," ucap , di kantornya, Jakarta, Senin (12/11).

Dia menuturkan, jika memang ada indikasi pelanggaran, maka pihaknya akan membawa ke Badan Pengawas Pemilu ataupun pihak Kepolisian. Semuanya tergantung jenis pelanggaran.

"Kalau menyangkut pelanggaran Pemilu, tentu kami serahkan ke Bawaslu. Kalau menyangkut pidana, tentu kami serahkan ke Polri," ungkapnya.

Susanto menuturkan, dalam pertemuan itu, kedua kubu sudah berkomitmen untuk anak-anak tak disalah gunakan di kegiatan politik.

"Kami himbau agar jika ada kerentanan anak disalahgunakan bisa dicegah. Kami harap orang tua, sekolah, pastikan anak-anak bisa belajar dengan baik. Jika belum jadi pemilih pemula, pastikan yang bersangkutan bisa memaksimalkan fase tumbuh kembangnya," jelas Susanto.

Dia tak menepis ada kerentanan untuk disalahgunakan, sehingga anak-anak dilibatkan. Ada dugaan pertama karena sengaja, kedua karena memang belum tahu.

"Memang pertama karena kerentanan disalahgunakan itu tinggi. Kedua, kami duga masyarakat atau sebagian yang salah gunakan itu, bisa jadi belum tahu, atau sudah tahu tapi tak mencegah optimal. Ini dugaan awalnya, kami akan terus telaah," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber : Liputan6.com [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini