Kondisi Membaik, 4 Pasien Positif Virus Corona di Bali Dinyatakan Sembuh

Selasa, 31 Maret 2020 19:05 Reporter : Moh. Kadafi
Kondisi Membaik, 4 Pasien Positif Virus Corona di Bali Dinyatakan Sembuh Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra melaporkan perkembangan penanggulangan virus corona atau covid-19 di Provinsi Bali. Hingga sekarang, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mencapai 155 orang.

Angka itu bertambah dari kemarin Senin (30/3), hari ini ada tambahan 9 pasien yang terdiri dari 2 warga asing dan 7 warga Indonesia.

"Hari ini ada penambahan PDP sebanyak 9 orang dibandingkan kemarin. Kemudian, dari 155 PDP itu telah dilakukan uji simple swab-nya dan telah keluar sebanyak 116 orang. Hasilnya adalah 97 orang dinyatakan negatif dan 19 orang positif," kata Indra di Denpasar, Bali, (31/3).

Sementara, pasien positif corona sebanyak 19 orang. Jumlah ini tidak ada penambahan. Justru, pasien yang dinyatakan sembuh ada 4 orang.

"Dari 19 orang kasus yang positif ini, 4 orang telah sembuh. Terdiri dari 3 orang WNI dan 1 WNA. Karena telah sembuh melalui uji tes dua kali hasilnya negatif maka ke 4 orang ini telah diperkenankan pulang dari rumah sakit," ujar Indra.

Dia menyebut kondisi seorang pasien yang sembuh dinyatakan sehat dan tidak menunjukkan gejala sakit. Kemudian, yang kedua secara klinis hasil uji laboratorium swab-nya negatif. Setelah dua kali berturut-turut di uji laboratorium.

"Jadi harus dua kali berturut-turut negatif, baru bisa dinyatakan sehat setelah itu dipulangkan. Karena sudah melalui proses isolasi yang cukup lama di rumah sakit dan sekarang sudah dua kali uji laboratorium dan dinyatakan negatif tentu boleh pulang," ujar Indra.

1 dari 1 halaman

Seperti yang diberitakan, Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra memaparkan perkembangan penanggulangan virus corona atau covid-19 di Provinsi Bali.

Indra menyampaikan, untuk update kasus covid-19 di Pulau Bali untuk jumlah kumulatif ada 146 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang telah ditangani selama ini. Kemudian angka 146 itu karena bertambah 5 orang PDP yang kemarin Minggu (29/3) hanya 141 PDP.

"Artinya untuk hari ini dibandingkan kemarin ada penambahan sebanyak 5 orang karena kemarin diumumkan 141 orang," kata Indra, Senin (30/3) kemarin.

Kemudian, dari 146 PDP ini sudah keluar hasil swab-nya uji laboratorium sebanyak 109 orang. Dari 109 orang ini 90 orang dinyatakan negatif covid-19 dan 19 orang dinyatakan positif covid-19.

"Artinya yang diumumkan hari ini ada tambahan kasus positif sebanyak 9 orang," ungkap Indra.

Kemudian, dari 9 yang positif covid-19 ini 1 adalah warga negara asing dan 8 orang warga negara Indonesia atau WNI. Dari 8 WNI ini semuanya adalah warga asli Bali. Sehingga, dihitung dengan yang kemarin maka yang positif covid-19 di Bali total menjadi 19 orang.

"Untuk 8 orang WNI ini adalah orang Bali asli dan orang yang tinggal di Bali. Dari 8 orang ini ada 3 orang positif karena transmisi lokal artinya dia positif karena dia berinteraksi jarak dekat dengan kasus positif sebelumnya, sedangkan 5 orang lainnya karena datang dari luar Bali," ujar Indra. [ray]

Baca juga:
Pemkab Banyuwangi Bakal Bahas Sanksi Buat Perantau yang Tidak Mau Karantina
Antisipasi Corona, Perumahan di Bekasi Pasang Bilik Disinfektan
Oppo Gelar Kampanye #BetterAtHome Untuk Ajak Pengguna Tetap Di Rumah
Selama Tanggap Darurat, Pemda DIY Akan Beri Bantuan Sembako untuk 10.000 KK Miskin
Satu Perawat di Sumsel Terinfeksi Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini