Komjen Ari Dono jadi Wakapolri dan Komjen Arief Sulistyanto jabat Kabareskrim

Jumat, 17 Agustus 2018 14:36 Reporter : Merdeka
Komjen Ari Dono jadi Wakapolri dan Komjen Arief Sulistyanto jabat Kabareskrim Wakapolri dan Kabareskrim. ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memimpin upacara sertijab dan melantik dua pucuk pimpian kepolisian yaitu Wakil Kepala Kepolisian Indonesia dan Kabareskrim.

Komisaris Jenderal Polisi Ari Dono Sukmanto yang sebelumnya menjabat Kabareskrim, kini dilantik sebagai Wakapolri menggantikan Syafruddin yang diangkat menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

Inspektur Jenderal Polisi Arief Sulistyanto yang sebelumnya menjabat Asisten SDM Polri, kini dipercaya menjadi Kabareskrim Polri. Setelah resmi dilantik, bintang dua yang melekat di pundak Arief pun langsung diganti menjadi bintang tiga. Alhasil, dirinya kini berpangkat sebagai Komjen.

Ari Dono dan Arief disumpah untuk mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, daripada kepentingan pribadi dan golongan. Dan diminta untuk memegang rahasia sesuatu yang perlu dirahasiakan. Mereka juga disumpah untuk tak melakukan tindak pidana korupsi. Serta bekerja dengan jujur.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya selaku Penjabat Kepolisian RI, akan setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahwa saya akan menaati segala peraturan perundang-undangan dan melaksanakan tugas yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian, kesadaran, dan tanggungjawab," janji Ari Dono dan Arief saat mengikuti sumpah yang dibacakan Kapolri Tito, di lokasi, Jumat (17/8/2018).

"Bahwa saya tidak akan melakukan korupsi, kolusi, nepotisme, dan gratifikasi berupa apa saja. Dari atau kepada siapapun juga, yang diduga atau patut diduga untuk menggerakan agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kewajiban dengan jabatan dan pekerjaan," tutur Ari Dono.

Sebelumnya, posisi Wakapolri kosong usai Komjen Syafruddin dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi MenPAN-RB. Sebelum ditetapkannya nama Ari Dono, sempat beredar informasi posisi itu akan diisi Kapolda Metro Irjen Idham Aziz.

Namun, kabar itu terbantahkan setelah Polri memastikan nama Komjen Ari Dono lah yang akan mengisi posisi orang nomor dua di institusi Polri.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini