Komisioner KPK Terpilih: Koruptor Kita, Rata-Rata IPK-nya Tinggi

Sabtu, 2 November 2019 21:34 Reporter : Muhammad Permana
Komisioner KPK Terpilih: Koruptor Kita, Rata-Rata IPK-nya Tinggi Nurul Ghufron. ©2019 Merdeka.com/M Permana

Merdeka.com - Komisioner KPK terpilih Nurul Ghufron mengajak semua pihak untuk mewujudkan rasa cinta tanah air melalui sikap yang menghindari perbuatan korupsi. Ajakan tersebut terutama juga kepada NU yang selama ini cukup keras menyikapi gerakan radikal.

"Kita sering merespon keras ketika ada radikalisme. Mari kita warga NU, buktikan rasa cinta pada negara, hubbul wathon minal iman (cinta negara sebagian dari iman) supaya tidak hanya jargon tapi terwujud pada tindakan," katanya di Pondok Pesantren Raden Rahmat Sunan Ampel (PPRSA), Jember, Jawa Timur, Sabtu (2/11).

Sebagai salah satu ormas terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) punya peran besar dalam mencegah perilaku korupsi di Indonesia. "Kalau semua warga NU tidak terlibat korupsi, insyaAllah Indonesia akan lebih baik," ujarnya.

Ghufron mengungkapkan, pencegahan korupsi harus dilakukan secara berimbang, antara sistemik dan kemauan individu. "Mau sebagus apapun sistemnya kita perbaiki, kalau individunya imannya tidak kuat, maka dia akan bisa mencari celah. Di sinilah pentingnya pendidikan kita orang terdidik yang berintegritas," jelasnya.

Karena itu, dia mengkritik sebagian mahasiswa saat ini yang cenderung hanya mengejar nilai dan gelar semata, tanpa melihat proses di baliknya. Kondisi ini bisa cenderung menumbuhkan sikap tidak jujur yang bisa berpotensi menghasilkan perilaku korupsi.

"Koruptor kita, rata-rata mungkin yang IPK nya tinggi, makanya bisa jadi pejabat. Ini berbeda misalnya, dengan para cendekia pendahulu kita, seperti Bung Karno dan KH Hasyim Asyari. Kenapa? Karena mereka cinta pada NKRI ini. Kalau sudah cinta, maka jangankan korupsi, apa yang dipunya juga akan diberikan kepada negara ini," tutup Ghufron. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. KPK
  2. Kasus Korupsi
  3. Nurul Ghufron
  4. Jember
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini