Ketua DPD Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir di Cengkareng Jakbar

Minggu, 5 Januari 2020 10:25 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Ketua DPD Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir di Cengkareng Jakbar Ketua DPD La Nyalla Mattalitti. ©2019 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Ketua DPD RI A.A La Nyalla Mattalitti menyambangi korban banjir di RW 02, Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Minggu (5/1). Tujuan kedatangannya untuk menyampaikan sumbangan terhadap warga yang terdampak banjir.

Pantauan Merdeka.com, Rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 08.49. Turut hadir dalam kunjungan tersebut, keluarga La Nyalla, dua senator asal DKI Jakarta Sylviana Murni dan Fahira Idris, serta Sekjen DPD Reydonnyzar Moenek

Bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 75 juta tersebut diserahkan langsung oleh La Nyalla kepada dua senator asal DKI Jakarta. Selanjutnya diserahkan kepada Camat Cengkareng dan Lurah Rawa Buaya.

Camat Cengkareng, Ahmad Faqih mengatakan, bantuan tersebut merupakan tanggung jawab besar diberikan kepada pihaknya. Mengingat besarnya beban moril yang harus dipikul.

"Ini sangat berat kami terima, karena pertanggungjawaban akan berat. Uang Rp 75 juta dan bagaimana teknik nanti karena harus dipertanggungjawabkan," kata dia, di lokasi kegiatan.

Dia mengakui memang ada baiknya jika bantuan tersebut diserahkan langsung kepada masyarakat. Namun tentu potensi atau peluang untuk disalahgunakan juga ada.

"Jika lebih bahagia juga diserahkan kepada masyarakat Tapi kalau diserahkan langsung. Takutnya jadi bahan bancakan lagi. Kami takut fitnah. Besarnya tidak seberapa tapi bagi sebagian masyarakat sangat besar," urai dia.

2 dari 2 halaman

Sementara Anggota DPD asal DKI Jakarta Sylviana Murni menegaskan bahwa yang harus diperhatikan dalam proses penyaluran bantuan kepada warga, yakni transparansi.

"Berikan secara transparan. Bapak kan punya RW, RT, punya forum ini lengkap sekali," tegas Sylvi.

Dengan begitu, setiap proses penyaluran bantuan kepada warga terdampak berlangsung terbuka sehingga tidak timbul pandangan-pandangan negatif dari masyarakat.

"Jadi masyarakat tahu kemana uangnya. Transparansi itu kunci bagaimana masyarakat bisa tahu," tandasnya. [ray]

Baca juga:
Anies Ikut Kerja Bakti Bersihkan Sampah Sisa Banjir di Kelurahan Makassar Jaktim
Banjir Mulai Surut, Layanan Bus TransJakarta Kembali Normal Hari Ini
Gubernur Anies akan Evaluasi Penanganan Banjir Jakarta
TGUPP Anies Minta Pemerintah Pusat Tangkap Hujan Agar Jakarta Tidak Banjir
Minimalisir Risiko Banjir, Anies Lakukan Penambalan Tanggul Latuharhari

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini