Kejagung Telisik Dugaan Dana Korupsi Jiwasraya Mengalir ke Parpol dan Menteri

Selasa, 14 Januari 2020 20:34 Reporter : Nur Habibie
Kejagung Telisik Dugaan Dana Korupsi Jiwasraya Mengalir ke Parpol dan Menteri Gedung Kejagung. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Kejaksaan Agung menetapkan lima tersangka kasus dugaan penyelewengan dana PT Asuransi Jiwasraya. Jaksa memastikan akan terus mendalami kasus ini, termasuk dugaan aliran dana Jiwasraya mengalir ke rekening partai politik.

"Belum masih proses," Kapuspenkum Hari Setiyono kepada wartawan, Selasa (14/1).

Ditanya soal menteri ikut menikmati dana korupsi Jiwasraya, Hari menegaskan penyidik masih melakukan pengembangan.

"Saya kira cukup ya, jangan berkembang ke mana-mana dulu ya. Hari ini dulu ya, masih proses. Nanti lah. Penyidikan masih proses," tegasnya.

Kejaksaan Agung memeriksa 8 orang saksi terkait kasus yang berpotensi membuat negara rugi sebesar Rp13,7 triliun hari ini. 5 dari 8 saksi itu keluar ruangan mengenakan rompi merah muda.

Mereka adalah Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat; Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro; mantan Direktur Keuangan Jiwasraya Harry Prasetyo.

Selanjutnya, Pensiunan PT Asuransi (Persero) Jiwasraya Syahmirwan dan mantan Dirut Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Hendrisman Rahim.

Hari menuturkan, ketiga saksi hingga saat ini masih dalam pemeriksaan. Dia belum bisa memastikan apakah ada tersangka baru yang ditetapkan hari ini.

"Proses penyidikan kita ikuti saja," tandas Hari.

1 dari 2 halaman

Ditahan di Rutan Terpisah

Kejaksaan Agung menetapkan lima orang sekaligus sebagai tersangka dan langsung melakukan penahanan dalam penyidikan kasus penyelewengan dana asuransi Jiwasraya. Lima orang itu ditahan untuk 20 hari ke depan.

"Tadi prosesnya telah dilakukan penahanan 5 orang tersangka sejak hari ini sampai 20 hari ke depan. Penahanan seperti diketahui juga kita pisah. Rutan Salemba cabang Kejagung, KPK Guntur dan Cipinang dan di Salemba cabang Kejaksaan Negeri Jaksel," kata Jampidsus Adi Toegarisma.

2 dari 2 halaman

Rahasiakan Peran Tersangka

Kejagung masih merahasiakan peran masing-masing para tersangka. Sebab, hal itu dinilai sudah masuk ke dalam materi penyidikan.

"Kita masih tahap penyidikan, kami enggak mungkin jelaskan peran masing-masing. Itu kan masih strategi kami. Kalau nanti pada saat waktunya di mana tahapanya kita akan secara terbuka sampaikan. Ini kan masih penyidikan perkara yang bersangkutan masih berjalan secara keseluruhan," kata dia.

"Perannya berarti kita menjelaskan rangkaian perbuatannya. Ini kan masih penyidikan. Semua langkah hukum akan kami lakukan," tambah Adi.

Berikut lokasi penahanan kelima tersangka tersebut:

1. Benny Tjokro di Rutan KPK
2. Heru Hidayat di Rutan Salembang Cabang Kejagung
3. Hary Prasetyo di Rutan Salemba Cabang Kejari Jaksel
4. Syahmirwan di Rutan Cipinang
5. Hendrisman Rahim di Rutan Guntur [ray]

Baca juga:
Tetapkan 5 Orang Tersangka, Penyidik Kejagung masih Periksa 3 Saksi Kasus Jiwasraya
Tahan 5 Tersangka Kasus Jiwasraya, Kejagung Masih Hitung Kerugian Uang Negara
Kejagung: 5 Orang Jadi Tersangka Kasus Jiwasraya, Ditahan di Beda Rutan
Pengacara Kaget Heru Hidayat Mendadak Ditahan Kejagung di Kasus Jiwasraya

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini