Kebakaran hanguskan 15 rumah di Anggana Kukar, kerugian Rp 5 M

Minggu, 15 Juli 2018 14:00 Reporter : Saud Rosadi
Kebakaran hanguskan 15 rumah di Anggana Kukar, kerugian Rp 5 M kebakaran di Anggana Kukar. ©2018 BPBD Kutai Kartanegara

Merdeka.com - Kebakaran dini hari tadi, menghanguskan tidak kurang 15 rumah warga di bantaran Sungai Mahakam, di RT 13 dan 14 Desa Sungai Mariam, kecamatan Anggana, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu. Kerugian materil diperkirakan sekitar Rp 5 miliar.

Keterangan diperoleh, api mulai berkobar sekira pukul 02.00 WITA. Di tengah warga yang tengah tertidur lelap, ada juga setempat melihat kobaran api di rumah tetangga mereka.

Meski sudah berusaha memadamkan dengan peralatan seadanya, namun kobaran api sudah menghanguskan rumah yang mayoritas terbuat dari kayu. Beruntung warga sempat keluar rumah lebih dulu.

"Angin kencang di lokasi kejadian. Sehingga kobaran api cepat menjalar ke bangunan rumah lain," kata Kapolsek Anggana Iptu Baharuddin, dalam keterangannya, Minggu (15/7).

Armada pemadam dari berbagai satuan pun berdatangan. Baik dari wilayah Anggana dan sekitarnya sendiri, maupun bantuan 8 armada pemadam dari kota Samarinda. "Dugaan sementara, disebabkan korsleting listrik di lantai 2, salah satu rumah warga setempat," ujar Baharuddin.

"Sementara, ada 15 rumah warga hangus terbakar, dan 6 rumah lainnya, kobaran api mengenai dinding rumah," tambah Bahruddin.

Namun demikian, sampai pukul 12.00 WITA siang ini, inventarisir kepolisian bersama ketua RT 13 dan RT 14, rumah warga yang terbakar sekitar 41 pintu. Termasuk rumah tunggal dan kontrakan serta bangsalan.

"Api mulai padam sekitar jam 4.30 pagi tadi. Korban kebakaran sementara ditampung di posko di masjid terdekat lokasi kejadian. Untuk kerugian materil, sekitar Rp 5 miliar," ungkap Bahruddin.

Sementara, Kepala BPBD Kutai Kartanegara Marsidi juga menerangkan, sekitar 21 rumah warga terbakar. "Tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini. Penyelidikan dilakukan kepolisian," kata Marsidi. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Kebakaran
  2. Kutai Kartanegara
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini