Kasus suap, auditor BPK difasilitasi Jasa Marga penginapan hingga hiburan malam

Kamis, 1 Maret 2018 17:47 Reporter : Yunita Amalia
Kasus suap, auditor BPK difasilitasi Jasa Marga penginapan hingga hiburan malam Sigit Yugoharto usai diperiksa KPK. ©2017 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap adanya beberapa fasilitas istimewa yang diterima auditor badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dari Jasa Marga cabang Purbaleunyi. Salah satunya, biaya penginapan hotel.

Dalam sidang kasus penerimaan suap oleh mantan auditor BPK, Sigit Yugoharto, saksi sekaligus auditor BPK Kurnia Setiawan mengatakan pihaknya mendapat fasilitas penginapan hotel tanpa merogoh kocek instansi BPK. Meski saat itu, kedatangan Kurnia dan tim audit bertujuan melakukan audit terhadap hasil pelaksanaan pekerjaan oleh Jasa Marga cabang Purbaleunyi selaku entitas.

"Kapan cek ke lapangan Jasa Marga Purbaleunyi? Berapa lama?" tanya Ketua Majelis Hakim pada Kurnia saat menjadi saksi di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (1/3).

"Tanggal 8 Mei 2017, tiga hari menginap," ujar Kurnia.

"Budget darimana untuk penginapan?" tanya Hakim.

"Awalnya memang dipesankan dari Jasa Marga," ujarnya.

Dia mengatakan saat itu Jasa Marga memesan delapan kamar untuk delapan anggota auditor yang hadir. Sementara Sugi sebagai ketua tim audit menginap di tempat terpisah.

Fasilitas lainnya juga diterima tim audit BPK dengan hiburan karaoke serta makan malam.

"Apakah anda dan tim melakukan hiburan malam, karaoke misalnya," ujar Hakim.

"Ada Havana," jawab Kurnia.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan hiburan tersebut biasanya dilakukan pukul 9 sampai 2 dini hari.

Diketahui, dari kasus ini Sigit didakwa menerima motor Harley Davidson seharga Rp 115 juta dari General Manager Jasa Marga cabang Purbaleunyi, Setia Budi. Penerimaan motor bertujuan agar tim audit BPK yang diketuai Sigit mengurangi temuan.

Berdasarkan temuan tim audit BPK, sedikitnya ada Rp 8 miliar kelebihan pembayaran oleh Jasa Marga cabang Purbaleunyi untuk proyek pekerjaannya di tahun 2015 dan 2016. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini