Kasus Covid-19 di Jateng Terus Meningkat, Ganjar Belum Tahu Jadwal Rapid Test

Kamis, 26 Maret 2020 19:05 Reporter : Arie Sunaryo
Kasus Covid-19 di Jateng Terus Meningkat, Ganjar Belum Tahu Jadwal Rapid Test Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melayat Ibunda Jokowi. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemeriksaan menggunakan rapid test sebagai salah satu cara untuk melakukan screening atau penyaringan awal sudah mulai dijalankan di DKI Jakarta dan Jawa Barat. Namun belum ada jadwal yang pasti untuk Jawa Tengah. Padahal jumlah kasus Covid-19 di Jawa Tengah terus meningkat signifikan.

Berdasarkan pantauan situs resmi corona.jatengprov.go.id per Kamis, 26 Maret 2020 pukul 16.00 WIB jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 3.638. Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 294 orang.

Sedangkan kasus terkonfirmasi atau positif Covid-19 sebanyak 38 orang, 34 orang diantaranya masih mendapatkan perawatan, 4 orang meninggal 4 dan belum ada pasien yang sembuh.

Ditemui wartawan saat akan melayat ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomiharjo di Solo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku belum bisa memastikan jadwal rapid test.

"Rapid test-nya itu sampai hari ini kita belum ada, sampai hari ini kita belum pegang," ujarnya.

Ganjar menjelaskan, penyelenggaraan rapid test diperlukan kehati-hatian. Pertama, harus dipastikan rapid test sudah sesuai dan diverifikasi Kementerian Kesehatan. Kedua, rapid test tersebut akan ditujukan untuk siapa.

"Kalau di kita kan prioritasnya pada ODP (orang dalam pemantauan). Yang kedua, sekarang ini kan sudah banyak orang yang pulang kampung. Kita catat satu persatu dan kita kerahkan tenaga kesehatan," katanya.

Ganjar mengaku sudah menyiapkan skenario jika terjadi lonjakan (jumlah pasien Covid-19). Jika sudah menerima alat pemeriksaan rapid test, dia akan menerjunkan tenaga kesehatan untuk mengaplikasikannya kepada warganya yang diduga terinfeksi Covid-19. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini