Jumlah Pekerja Migran yang Mudik ke Gresik Bertambah, Dikarantina di Stadion Gejos

Sabtu, 1 Mei 2021 03:03 Reporter : Iqbal Fadil
Jumlah Pekerja Migran yang Mudik ke Gresik Bertambah, Dikarantina di Stadion Gejos Kadinkes Gresik, drg Saifudin Ghozali. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Jumlah pekerja migran Indonesia (PMI) yang tiba di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, untuk menjalani isolasi atau karantina di Rumah Sakit Lapangan (RSL) Stadion Sepak Bola Gelora Joko Samudro (Gejos) bertambah 11 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Gresik, drg Saifudin Ghozali di Gresik, Jumat (30/4) mengatakan 11 PMI yang baru tiba itu, masing-masing enam orang bekerja di Malaysia, dan lima orang di Singapura.

"Mereka kami jemput dari RS Asrama Haji Sukolilo Surabaya setelah menjalani karantina selama dua hari di sana. Kemudian, kami jemput untuk menjalani karantina lanjutan selama tiga hari di RSL Gejos Gresik," kata Ghozali seperti dilansir Antara.

Sebelumnya, RSL Stadion Gejos Gresik juga telah menerima lima PMI, masing-masing dari Malaysia serta Brunai Darusalam untuk dikarantina.

"Saat ini, dari lima PMI itu, tiga orang di antaranya sudah pulang pagi tadi, karena hasil swab PCR-nya negatif. Sisanya dua orang masih menunggu hasilnya," kata Ghozali, yang juga mantan Kepala Puskesmas Kecamatan Bungah, Gresik.

Total, kata dia, saat ini PMI yang sedang menjalani karantina di RSL Gejos berjumlah 13 orang.

Ghozali mengatakan, karantina bagi PMI dilakukan untuk menindaklanjuti kebijakan terkait peniadaan mudik yang telah ditetapkan melalui Addendum Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 dan diteken Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo pada 21 April 2021.

Upaya antisipasi itu, katanya, termasuk mempersiapkan segala sesuatunya bagi pekerja migran asal Gresik yang telanjur mudik ke Gresik.

"Mereka yang telanjur mudik tersebut langsung masuk karantina di Ruang Isolasi Gejos dan pemkab membuat kebijakan itu karena tidak dapat menolak para pekerja migran yang sudah telanjur terbang dan mendarat di Indonesia," katanya.

Sementara itu, fasilitas karantina di Gejos memiliki kapasitas tempat tidur di ruang isolasi sebanyak 140 unit, kemudian tenaga kesehatan yang disiapkan 54 orang. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Karantina
  3. TKI
  4. Pekerja Migran
  5. Gresik
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini