Jokowi: Tepat Pukul 10.17 Ambil Sikap Sempurna, Beri Penghormatan pada Merah Putih

Minggu, 16 Agustus 2020 22:35 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi: Tepat Pukul 10.17 Ambil Sikap Sempurna, Beri Penghormatan pada Merah Putih Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Atas Menara Suar Kupang. ©2020 Merdeka.com/Ananias Petrus

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak masyarakat untuk menyaksikan upacara HUT RI ke-75 melalui siaran virtual di youtube dan televisi. Di tengah pandemi Covid-19, Istana Kepresidenan tidak mengundang masyarakat untuk hadir dan melaksanakan upacara bersama.

"Anda dapat menyaksikan upacara pengibaran bendera dan beragam keramaian 17-an secara virtual di beranda Youtube dan melalui tayangan seluruh televisi nasional, besok di Hari Kemerdekaan, 17 Agustus 2020," kata Jokowi dalam postingan instagramnya, Minggu (16/8).

Jokowi juga meminta masyarakat untuk mengambil sikap sempurna pada pukul 10.17 WIB. Serta memberikan penghormatan pada sang merah putih.

"Tepat pukul 10.17 WIB mari serentak untuk mengambil sikap sempurna dan memberi penghormatan kepada sang saka merah putih," ungkap Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Sekretariat Negara, Pratikno menjelaskan upacara perayaan HUT ke-75 Republik Indonesia tetap dilaksanakan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Namun, upacara digelar dengan jumlah peserta terbatas karena penerapan protokol Covid-19.

"Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka, upacara tetap khidmat, tetapi dengan peserta terbatas. Semua komponen yang terlibat dalam upacara hadir si situ, termasuk Paskibraka, tapi dalam jumlah terbatas," kata Pratikno.

Pratikno menambahkan, masyarakat bisa hadir secara virtual pada peringatan hari kemerdekaan nanti. Dia harap masyarakat bisa aktif berpartisipasi.

"Kita kenalkan sebuah tradisi baru nanti saat upacara, saat dikumandangkan lagu 'Indonesia Raya', kami ajak masyarakat Indonesia untuk menghentikan kegiatannya sejenak, berdiri tegak, khidmat," tutur Pratikno. [did]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini