Jokowi Berikan Bantuan untuk Korban Banjir Sintang

Rabu, 8 Desember 2021 13:38 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Berikan Bantuan untuk Korban Banjir Sintang Banjir di Sintang, 2 Orang Tewas dan 87.496 Jiwa Terdampak. ©BPBD Kabupaten Sintang

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo(Jokowi) memberikan bantuan untuk korban banjir di Sintang, Kalimatan Barat, Rabu(8/11). Bantuan diberikan dari Kementerian Sosial.

"Juga ada penyerahan bantuan dari Kemensos bagi yang terdampak," kata Jokowi dalam akun YouTube Sekretariat Presiden.

Untuk diketahui pada 14 November 2021, banjir di Sintang belum juga surut. Terdapat 33.221 jiwa masih mengungsi. "Warga Sintang yang mengungsi tersebar di 32 pos pengungsian yang dioperasikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat," kata Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Minggu (14/11).

Abdul Muhari menjelaskan, pos pengungsian didukung 24 dapur umum. Pengoperasiannya dilakukan tim gabungan di bawah komando BPBD Kabupaten Sintang.

Berdasarkan data pada Sabtu (13/11) sekitar pukul 17.00 WIB, ribuan warga yang mengungsi itu berasal dari sembilan kecamatan yang terdampak banjir sejak 21 Oktober 2021. "Banjir masih menggenangi wilayah Sintang, meski pun debit air sempat turun, namun kondisi tersebut membuat warga masih bertahan di tempat pengungsian," jelasnya seperti dilansir Antara.

BPBD Sintang juga telah mengoperasikan lima pos lapangan untuk melayani kebutuhan dasar warga, seperti asupan makanan dan pelayanan kesehatan. Kelima pos lapangan berada di kawasan Tugu Bambu, Pos Lantas, Media Center, ujung Jembatan Kapuas, dan Kantor Camat Sintang. Pos komandonya berada di Kantor BPBD Kabupaten Sintang.

"Pos pengungsian mau pun dapur umum tersebar di 12 kecamatan, khususnya titik-titik yang aman dari genangan air," ucap dia. [noe]

Baca juga:
Jokowi
Jokowi
Kepala BNPB Tinjau Penanganan Banjir di Sintang
Banjir di Soppeng Sulsel, Satu Warga Meninggal Dunia
Banjir di Soppeng dan Makassar Sulsel, Dua Anak Tewas
Air Terjun Taman Wisata Bantimurung Mendadak Keruh, Warga Dilarang Mendekat
Alih Fungsi Kawasan Papandayan Diduga Jadi Pemicu Banjir Bandang di Sukaresmi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini