Jelang akhir tahun, BNN waspadai peredaran narkoba di tempat hiburan dan wisata

Jumat, 9 November 2018 04:25 Reporter : Aksara Bebey
narkoba. shutterstock

Merdeka.com - Peredaran narkoba di Jawa Barat diprediksi meningkat menjelang akhir tahun. Para pelaku menyasar anak muda dan masyarakat usia produktif.

Kepala BNN Jawa Barat, Brigjen Sufyan Syarif mengaku akan meningkatkan kewaspadaan di tempat yang menjadi kantung peredaran narkoba, di antaranya tempat hiburan yang menyelenggarakan malam pergantian tahun.

Apalagi, banyak tempat di Jawa Barat yang menjadi destinasi wisatawan luar maupun dalam negeri. Tak hanya di sekitar perkotaan, wisatawan pun kerap menghabiskan waktu di kawasan pantai.

Dari situasi tersebut, Sufyan memastikan tingkat kewaspadaan aparat meningkat. Pihaknya juga berharap ada keikutsertaan masyarakat untuk melaporkan jika terdapat penyalahgunaan baik secara individu maupun pesta narkoba saat pergantian tahun.

"Kalau peredarannya berarti berkaitan dengan penggunaannya, mungkin party, pesta akhir tahun dan sebagainya," katanya saat ditemui usai diskusi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Bandung Jawa Barat, Kamis (8/11).

BNN pun mencatat 60 persen masyarakat Jawa Barat masih mudah disusupi narkoba dengan mayoritas yang jadi sasaran adalah usia produktif. Ditambah, modus peredaran narkoba yang dijual dalam berbagai bentuk untuk sampai ke tangan anak-anak sudah beragam.

"Banyak anak anak juga yang mulai terjangkit (penggunaan) narkotika, ini perlu diwaspadai. Ini akan menjadi masalah sosial," terangnya.

Untuk itu, dia meminta para orangtua untuk berperan aktif mengawasi anaknya. Jika sang anak positif menggunakan narkoba, jangan segan untuk direhabilitasi. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. Kasus Narkoba
  2. Tahun Baru
  3. Bandung
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini