Jarinya Putus, ABK Asal China Dievakuasi ke Banda Aceh

Minggu, 6 Oktober 2019 02:08 Reporter : Afif
Jarinya Putus, ABK Asal China Dievakuasi ke Banda Aceh Pisau ancam. ©shutterstocks

Merdeka.com - Seorang Anak Buah Kapal (ABK) harus dievakuasi ke daratan Banda Aceh setelah mengalami kecelakaan kerja di kapal kargo berbendera Panama, Sabtu (5/10). ABK itu dievakuasi sekira pukul 03.50 WIB oleh SAR Banda Aceh.

ABK itu adalah Duzhong Yu asal China yang berprofesi sebagai juru masak. Dia mengalami kecelakaan terluka pada bagian jari tangannya. Sehingga pihak kapal tersebut menghubungi pihak SAR untuk dilakukan evakuasi agar mendapatkan pengobatan.

Mendapat laporan itu petugas langsung menuju ke titik lokasi, yaitu di Selat Benggala berjarak 8 mil dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh. Korban saat ini sudah dibawa ke Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) untuk menjalani perawatan medis.

"Kita lakukan medical evakuasi (medivac) kepada seorang ABK Kapal MV Sinoway VI di Selat Benggala," kata Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Banda Aceh, Adah Sudarsa, Sabtu (5/10).

Setelah petugas tiba di lokasi yang telah dijanjikan. Petugas mendapati jari korban terputus akibat kecelakaan kerja. Kendati demikian pendarahan sudah berhenti dan langsung dievakuasi ke RSUZA Banda Aceh.

Berdasarkan informasi dari pihak kapal kargo berbendera Panama itu, mereka berangkat dari Ghana, Afrika menuju Singapura. Namun dalam perjalanan satu ABK bertugas juru masak mengalami kecelakaan.

Evakuasi tersebut turut melibatkan petugas karantina, imigrasi, bea cukai, syahbandar KSOP Malahayati, agen PT Pelni, serta pihak terkait lainnya. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. Kecelakaan Kerja
  2. Banda Aceh
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini