Insiden tumpahan minyak di teluk Balikpapan, JK minta pelaku ganti rugi & disanksi

Selasa, 3 April 2018 21:34 Reporter : Intan Umbari Prihatin
kebakaran kapal di Balikpapan. ©2018 Merdeka.com/Saud Rosadi

Merdeka.com - Insiden tumpahan minyak di teluk Balikpapan yang membuat kapal terbakar pada akhir pekan lalu membuat Wakil Presiden Jusuf Kalla kesal. Dia menegaskan pelaku harus diberikan hukuman yang setimpal

Tidak hanya sangsi, kata JK, pelaku juga harus membayar kerugian akibat peristiwa tersebut.

"Ya tentu sekarang kan, sangat ketat masalah lingkungan dan itu ada hukumnya. Siapa penyebabnya, itu bisa didenda atau membayar kerugian siapa penyebabnya. dan itu, akan kena siapa yang berbuat," kata JK di kantornya, Jl Merdeka Utara, Selasa (3/4).

Diketahui sebelumnya, Kepolisian meminta insiden tumpahan minyak dan terbakarnya kapal di Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, segera diinvestigasi. Akibat peristiwa itu, sejumlah orang tewas.

Investigasi diharapkan fokus pada penyebab minyak tumpah ke laut yang memicu kebakaran. Jika minyak tersebut sengaja dibuang ke laut, itu merupakan tindak pidana yang tak dibenarkan.

"Ya kalau (sengaja minyaknya) dibuang, itu kejahatan. Nanti kita investigasi, kita akan cek Polda Kaltim," ujar Wakapolri Komjen Syafruddin di Kantor Dewan Masjid Indonesia (DMI), JakartaSelatan, Senin (2/4).

Selain berbahaya, Syafruddin melanjutkan, tumpahan minyak tersebut juga dapat merusak biota laut. "Itu harus diinvestigasi siapa pelakunya, nanti kita akan instruksikan," sambung dia.

Jenderal bintang tiga itu menyatakan, kejadian semacam ini harus ditindak tegas untuk memberikan efek jera kepada pelakunya. Di samping itu, dia juga menekankan perlunya patroli di perairan untuk mencegah kejadian serupa. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini