Inilah Kisaran Harga Pesawat Pribadi Punya Orang Kaya Indonesia

Jumat, 5 April 2019 06:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Inilah Kisaran Harga Pesawat Pribadi Punya Orang Kaya Indonesia Ilustrasi pesawat pribadi orang kaya. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/IM_photo

Merdeka.com - Memiliki pesawat pribadi menjadi mimpi dan keinginan semua orang. Tidak perlu antre saat naik pesawat seperti di komersial. Kalau mau keliling dunia tinggal terbang saja. Enaknya.

Hanya orang tertentu saja yang punya pesawat pribadi. Selain harganya mahal, biaya perawatannya juga selangit. Meski mahal, beberapa orang kaya Indonesia sudah memiliki pesawat pribadi.

Siapa saja mereka?

1 dari 4 halaman

Chairul Tanjung

Namanya dikenal luas sebagai pengusaha sukses yang memimpin CT Corp. Sampai saat ini dia masih menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Menurut majalah Forbes pada tahun 2018 total kekayaannya senilai USD 35 miliar.

Lewat kesuksesannya, Chairul Tanjung memiliki dua pesawat jet. Salah satunya adalah berjenis Gulfstream G550 harganya sekitar Rp 400 miliar. Pesawat ini diproduksi oleh unit Gulfstream Aerospace milik General Dynamics di Savannah, Georgia, Amerika Serikat.

2 dari 4 halaman

Surya Paloh

Pimpinan Media Group Surya Paloh juga memiliki pesawat pribadi. Bahkan kabarnya memiliki dua buah jet pribadi.

Pesawat pertama yang dia memiliki berjenis British Aerospace BAe 146 buatan Inggris yang sudah dimodifikasi menjadi beberapa ruang seperti ruang tidur, ruang makan, dan santai. Sehingga, pesawat hanya muat untuk 18 orang.

Pesawat tersebut dibeli pada tahun 2003 lalu. Pesawat lainnya dimiliki ketua Partai Nasdem ini adalah jenis Jet embraer 190 yang berkapasitas 16 orang.

Untuk harganya, pesawat British Aerospace BAe 146 dibanderol sekitar US$ 24 juta. Sedangkan Jet embraer 190 dibanderol sekitar USD 28,5 juta, atau setara dengan Rp 404 miliar.

3 dari 4 halaman

Dato Sri Tahir

CEO Mayapada Grup Prof Dato Sri Tahur juga memiliki pesawat pribadi. Pria terkaya ke-10 Indonesia tahun 2018 ini memiliki pesawat pribadi Pesawat Global 5000, Tail M JGJV.

Pesawat Global 5000 diproduksi oleh Bombardier Aerospace di Toronto, Kanada. Saat ini ada lima varian, Global Express asli, global 5000, global 6000, global 7000 dan global 8000.

Untuk harga pesawat yang dimiliki Dato Sri Tahir dibanderol sekitar USD 50.44 juta, atau setara dengan Rp 715 miliar untuk kurs saat ini.

4 dari 4 halaman

Haji Isam

Pengusaha batu bara asal Kalimantan Selatan ini dikenal sebagai pengusaha sangat kaya. Pria bernama lengkap Andi Syamsuddin Arsyadini ini juga seorang bos dari PT Jhonlin Argo Mandiri. Pendapatan dari hasil tambang batu baranya mencapai miliaran rupiah. Wajar jika ia sudah memiliki pesawat pribadi.

Haji Isam memiliki pesawat pribadi Gulfstream G-5. Pesawat buatan Amerika Serikat ini harganya sekitar Rp 714 miliar. [has]

Baca juga:
Saat Bill Gates Beli Buku Seharga Rp 440 Miliar
Kisah Nenek 71 Tahun Dapat Hadiah Rumah dari Miliuner
Daftar Terbaru Miliuner Paling Dermawan di Dunia
Mengenal Sosok Miliuner Paling Dibenci di Dunia
Minta Maaf, Keluarga Terkaya Ini Bakal Sumbang Rp 150 Miliar

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini