Deretan Orang Kaya Dunia Punya Lahan Jutaan Hektare

Senin, 25 Februari 2019 06:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Deretan Orang Kaya Dunia Punya Lahan Jutaan Hektare Ratu Elizabeth II. REUTERS/Russell Cheyne

Merdeka.com - Banyak orang tajir di dunia ini punya aset dalam bentuk tanah. Luasnya bukan hanya hitungan meter, tapi sudah ribuan haktare.

Di belahan dunia banyak orang-orang kaya memiliki luas tanah yang fantastis. Lahan yang sangat luas itu biasanya dijadikan tempat usaha. Siapa saja mereka?

1 dari 5 halaman

Gina Rinehart

Gina Rinehart. Business Insider

Orang terkaya di Australia, Gina Rinehart, memiliki lahan pribadi paling luas negara itu. Luasnya sekitar 12 juta hektare. Wanita yang juga sebagai tokoh pertambangan ini pernah mengambil bagian terbesar dari S. Kidman & Co., yang merupakan lahan pribadi perorangan terbesar di dunia. Dengan begitu, lahan ini menjadi bertambah 21 peternakan luas yang sudah dimilikinya.

2 dari 5 halaman

Joe Lewis

Joe Lewis. ©2014 Merdeka.com/telegraph.co.uk

Joe Lewis memiliki lahan seluas 7 juta hektar. Ia juga dikenal sebagai pemegang saham utama salah satu Perusahaan Pertanian Australia tertua di negara itu.

Kini perusahaan memiliki dan mengoperasikan 7 juta hektar humongous di Queensland dan Wilayah Utara, wilayahnya kira-kira seluas Irlandia.

3 dari 5 halaman

Ruslan Moldabekov dan EBRD

Ruslan Moldabekov. Love Money

KazExportAstyk Holding adalah produsen biji rami terbesar di dunia dengan 1 juta hektar lahan di Kazakhstan. Pemilik perusahaan ini adalah dokter Kazakhstan Ruslan Moldabekov dan Bank Eropa untuk Rekonstruksi dan Pengembangan (EBRD).

4 dari 5 halaman

Raja Mswati III

Raja Mswati III. Independent.co.uk

Pemilik lahan terbesar di Afrika tidak lain adalah Raja Mswati III dari Swaziland. Raja Mswati III menjadi pemilik resmi Tanah Bangsa Swazi.

Ia memiliki hingga 938.000 hektar lahan atau 54 persen dari total tanah di negara ini.

5 dari 5 halaman

Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II. ©2018 kapanlagi.com

Ratu Elizabeth II memiliki 6,6 miliar hektar lahan di seluruh dunia, atau sekitar seperenam dari tanah di seluruh Bumi ini. Sebagian besar lahannya menjadi bisnis real estate, Crown Estate.

Menurut The Independent, semua keuntungan dari Estate Estate jatuh ke tangan Departemen Keuangan Inggris, tetapi perlu dicatat bahwa sang ratu menerima 15 persen dari keuntungan itu. (Real estate menjadi pemasukan dalam kekayaan bersih keluarga kerajaan.)

[has]
Topik berita Terkait:
  1. Orang Kaya
  2. Sertifikasi Lahan
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini