Ini sosok Tatang S, komikus yang memopulerkan tokoh Petruk dkk

Rabu, 24 Juni 2015 15:08 Reporter : Al Amin
Tatang S. ©istimewa

Merdeka.com - Bagi pecinta komik lokal yang besar di era tahun 80 hingga 90-an, cerita tokoh wayang Punakawan, Semar, Petruk, Gareng dan Bagong, karya Tatang Suhendra atau yang lebih dikenal sebagai Tatang S mungkin tidak akan lepas dari ingatan mereka. Saat itu, di tengah serbuan komik asing dari Eropa, Amerika dan Jepang, seperti Smurf, Tintin, hingga Dragon Ball, komik buatan pria Sunda tersebut tetap mendapat tempat di hati pecinta cerita bergambar.

Tidak seperti Herge, pengarang Tintin atau Akira Toriyama, komikus yang menghasilkan Dragon Ball, tidak banyak tulisan yang mengulas hidup Tatang S. Baru pada tahun 2000, setelah komik Tatang S beredar lebih dari 10 tahun, penerbit memasukkan foto komikus tersebut.



Pemasangan foto Tatang S tersebut bertujuan untuk membedakan karya yang asli dengan yang bajakan. Foto Tatang S diletakkan di cover depan komik yang diterbitkan oleh T.B. Sandro Jaya Agency.

"Mulai pertengahan tahun 2000, setiap karya Tatang S yang asli selain ada fotonya, juga memakai nama lengkapnya, yaitu Tatang Suhendra."

Sebelum dikenal sebagai komikus Petruk cs, Tatang S terlebih dulu bergelut di komik persilatan. Namanya bahkan disebut sebagai komikus dengan bayaran tertinggi di Bandung. Tatang S juga disebut sebagai saingan utama Ganes TH, komikus Si Buta Dari Goa Hantu.

Di Jakarta, Tatang S, diketahui pernah tinggal di Buaran, Jakarta Timur. Di rumah kontrakan itu, dia tinggal seorang diri sementara istrinya tinggal di luar Jakarta.

Tatang meninggal dunia tiga tahun lalu, tepatnya Maret 2003 setelah foto wajahnya dipajang di komik yang diciptakannya. Tatang dikabarkan meninggal karena penyakit gula.

Satu hal yang akan selalu dikenang penikmat karya Tatang S adalah, kalimat bijak yang selalu ditempatkan di halaman terakhir komik Petruk, Gareng dan Bagong.

"Salam manis tidak akan habis. Salam sayang tidak akan hilang, buat semua pencinta karya saya, Tatang S." [amn]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini