Ini alasan Jokowi sering singgah ke pondok pesantren saat berkunjung ke daerah

Minggu, 11 Maret 2018 12:37 Reporter : Lia Harahap
jokowi panen jagung. ©2018 Humas Kemenko Perekonomian

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo beberapa kali menyempatkan diri berkunjung ke pesantren saat melakukan kunjungan ke sejumlah daerah. Jokowi, begitu dia disapa, punya alasan terkait kebiasaannya itu.

Menurut Jokowi, dirinya kerap mengunjungi pondok pesantren karena merupakan pendukung utama pembangunan karakter bangsa.

"Sehingga setiap ke daerah saya selalu berkunjung ke dua, tiga pondok pesantren untuk melihat secara langsung kehidupan pondok pesantren dan berdialog dengan para pimpinan pondok, para Kiai," kata Presiden kepada wartawan saat menghadiri festival dan pameran burung berkicau tingkat nasional memperebutkan Piala Presiden di Kebun Raya Bogor. Demikian dikutip dari Antara, Minggu (11/3).

Ditambahkan Jokowi, hal-hal yang berkaitan dengan akhlak, sikap, perilaku, etika, nilai-nilai, norma, dibangun secara sangat baik di pondok-pondok pesantren.

"Kalau kita semakin sering masuk ke pondok-pondok pesantren memang perlu perhatian dari pemerintah, terutama dari sisi fasilitas-fasilitas, kemudian tentang pengembangan ekonomi umatnya di lingkungan pondok," katanya.

Presiden mendorong pondok pesantren untuk memulai dan memikirkan bisnis yang ada sekitar pondok sehingga bisa mendorong ekonomi umat.

Untuk itu, katanya, semakin sering melihat secara langsung kehidupan pondok pesantren dan bertukar pikiran dengan para pimpinan pondok pesantren, maka semakin banyak mengetahui masalah-masalah yang ada di pondok pesantren. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini