INFOGRAFIS: Fakta-Fakta Ibu Kota DKI Nusantara

Rabu, 19 Januari 2022 15:51 Reporter : Merdeka
INFOGRAFIS: Fakta-Fakta Ibu Kota DKI Nusantara Infografis ibu kota nusantara. ©2022 Merdeka.com/Grafis: Amar Choiruddin

Merdeka.com - Pemerintah telah menentukan titik nol kilometer yang menjadi penanda berdirinya Istana Negara di ibu kota baru. Letaknya di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pembangunan ibu kota baru segera dimulai. Seiring disahkannya UU Ibu Kota Negara (IKN) yang baru diketok DPR, kemarin.

Nusantara, nama ibu kota baru Indonesia. Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Nusantara. Ibu Kota baru akan mengusung konsep smart city. Menjadi kota modern. Biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan ibu kota baru sangat besar. Ditaksir mencapai Rp466 Triliun.

Pelaksanaan pembangunan akan terdiri dari lima tahapan yang dimulai pada tahun ini. Tahap pertama berlangsung 2 tahun, mulai 2022 sampai 2024. Tahap II-V rencananya berlangsung selama 20 tahun. Mulai 2025-2045.

Bentuk pemerintahannya pun khusus. Dinamakan Badan Otorita IKN. Pemerintahan daerah yang memiliki kekhususan dan berada setingkat provinsi yang wilayahnya berada pada tingkat kedudukan ibu kota negara Republik Indonesia.

Ibu kota baru Nusantara dipimpin pejabat setingkat menteri. Kepala otorita ibu kota tidak melalui Pemilihan Umum seperti kepala pemerintahan daerah lainnya. Karena setingkat menteri, Kepala Otorita IKN dipilih langsung oleh Presiden dan atas persetujuan DPR. Dengan kata lain, tidak dipilih melalui Pemilu.

Keputusan memindahkan Ibu Kota Indonesia lahir di era pemerintahan Presiden Joko Widodo. Mimpinya, membangun ibu kota baru yang smart dan berkompetitif di tingkat global. Pembangunan ibu kota baru mengusung konsep berbasis inovasi, teknologi, hingga green ekonomi.

Begitu pula dengan fasilitas yang akan dibangun. Muncul wacana sistem pertahanan ibu kota baru pun dengan teknologi pintar dan canggih. "Kita ingin membangun sebuah new smart metropolis," ujar Jokowi. [noe]

Baca juga:
Banyak Masyarakat Tak Tersentuh Bansos, Rencana Dana PEN Bangun Ibu Kota Tuai Kritik
Pengusaha Hotel dan Restoran Diminta Ambil Peluang dari Ibu Kota Baru
Ibu Kota Pindah, Pemprov DKI akan Dialog dengan Jokowi Soal RUU Kekhususan Jakarta
Pemerintah Diminta Tak Gunakan Dana PEN Bangun Ibu Kota Nusantara, ini Alasannya
DPR Dapat Info Pemerintah Sudah Susun RUU Kekhususan Jakarta
Ini Anggaran PEN yang Bakal Dipakai untuk Pembangunan Ibu Kota Baru
DPRD DKI Minta Jakarta Masih Jadi Ibu Kota saat Masa Transisi IKN ke Kaltim

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini