Imunisasi Kunci Eradiksi Penyakit Menular di Indonesia

Minggu, 8 November 2020 20:37 Reporter : Merdeka
Imunisasi Kunci Eradiksi Penyakit Menular di Indonesia vaccine injection. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Data Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), eradikasi penyakit menular berhasil dilakukan di Indonesia setelah dilakukannya imunisasi. Contohnya penyakit cacar (variola) yang hilang pada tahun 1980.

Berkat imunisasi, Indonesia juga terbebas dari polio sejak 2014. Keberhasilan terakhir adalah mengeliminasi Maternal Neonatal Tetanus (tetanus pada bayi yang baru dilahirkan) di tahun 2016.

"Untuk diingat, vaksin ini spesifik melawan sakit tertentu. Kalau penyakitnya campak, vaksinnya campak, tidak bisa vaksin campak digunakan untuk melawan TBC. Jadi vaksin ini melatih sistem imun melawan penyakit sehingga bisa mencegah infeksi penyakit tersebut. Tujuannya untuk eradikasi penyakit-penyakit berbahaya," kata Ketua ITAGI Sri Rezeki S. Hadinegoro pada acara Sosialisasi: Vaksin untuk Negeri yang diselenggarakan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Sabtu (31/10).

Cakupan imunisasi terutama pada penyakit yang sangat menular harus tinggi. Individu yang diimunisasi bisa mencapai 80-95% dari populasi, tergantung dari kecepatan penyebaran penyakit menular.

Cakupan imunisasi yang luas mendorong terbentuknya imun tidak langsung bagi kelompok kecil masyarakat yang belum bisa mendapat akses vaksin seperti bayi yang masih belum cukup umur, atau orang dengan kondisi tertentu.

Salah satu hal yang perlu menjadi perhatian dan dimengerti adalah bahwa semua vaksin yang beredar di Indonesia, termasuk yang terdaftar dalam program imunisasi pemerintah, telah dipantau dengan sangat baik oleh otoritas seperti BPOM, Kemenkes, Komnas KIPI dan dilaporkan berkala ke organisasi kesehatan dunia WHO.

"Sehingga keamanan vaksin terjamin dan terkontrol dengan baik," tuturnya. [did]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini